Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorHaduh... 701.440 Warga Bogor Malas Bayar Pajak Kendaraan

Haduh… 701.440 Warga Bogor Malas Bayar Pajak Kendaraan

BOGOR DAILY- Cabang Pelayanan Penda­patan Daerah (CPPD) Wilayah Kabupaten Bogor nampaknya harus dibuat pusing dengan Wajib Pajak (WP) kendaraan bermotor yang tersebar di Bumi Tegar Beriman. Hingga saat ini, dari total 1,37 juta potensi bermo­tor, baru 51,2 persen WP kendaraan bermotor yang telah membayarkan kewajibannya.

“Yang baru bayar pajak 51,2 persen. Sisanya 701.440 atau 48,8 persen potensi ber­motor belum bayar,” kata Kepala CPPD Wilayah Kabu­paten Bogor Ida Hamidah saat ditemui di Ruang Rapat Bank BJB Cibinong, Kabupaten Bo­gor, kemarin. ­

Menurut dia, WP kendaraan bermotor sebanyak 1,37 juta ini terbagi atas dua kategori. Yakni, kendaraan roda dua dan roda empat yang tersebar di Kabupaten Bogor, termasuk plat merah. “Kalau total ang­garannya harus cek lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sendiri tak mau angkat tangan begitu saja. Bupati Bogor Nurhayanti mengharapkan keseriusan jajarannya untuk terus mendukung peningka­tan bermo­tor di Jawa Barat. Sebab, jika dilihat dari target bagi hasil bermotor di Kabupaten Bogor baru 70 persen potensi WP kendara­an bermotor yang terserap.

“Kita akan terus bekerja le­bih keras lagi untuk mening­katkan pendapatan dari WP kendaraan bermotor. Masih bisa dioptimalkan. Kita akan dorong terus sesuai potensi yang dimiliki,” katanya. Men­urut Nurhayanti, besarnya peningkatan pendapatan lain-lain itu (salah satunya WP kendaraan bermotor) akan menopang peningkatan penda­patan daerah secara keseluru­han. Dengan begitu, pihaknya akan melakukan beberapa langkah-langkah strategis untuk meningkatkan potensi bermotor di Kabupaten Bogor.

“Termasuk meminjamkan fasilitas umum untuk mereka dan menyediakan ruang untuk outlet Samsat di tiap kecama­tan, khususnya di wilayah per­batasan,” katanya. Meski begitu, empat tahun belakangan ini target bermotor di Kabupaten Bogor mengalami peningkatan target hingga 51,20 persen. Semen­tara pencapaian realisasi terhadap ber­motor di Kabupaten Bogor melebihi 100 persen. “Target bermotor pada 2013 sebesar Rp93.949. 477.000 dan pada 2017 mencapai Rp141.807.300.000,” tutupnya.