Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalJauh-Dekat, Masuk Tol Jagorawi Bakal Satu Harga

Jauh-Dekat, Masuk Tol Jagorawi Bakal Satu Harga

BOGOR DAILY-Akhir bulan Juli ini Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dijadwalkan akan memberlakukan integrasi sistem pembayaran dengan menghilangkan dua gerbang tol yang ada di dalam ruas tol tersebut. Dua gerbang tol tersebut adalah Gerbang Tol (GT) Cibubur dan GT Cimanggis.

Pelaksanaan integrasi sistem pembayaran ini sendiri telah beberapa kali molor lantaran belum rampungnya pembangunan gerbang. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, molornya pelaksanaan proses integrasi tersebut karena pihaknya membutuhkan perencanaan yang matang.

Ia menyebut, secara fisik proses penggarapan infrastruktur sudah hampir rampung. Namun, ia tak ingin terburu-buru agar pelaksanaannya nanti benar-benar baik, tidak sama dengan saat integrasi pembayaran tol Jakarta-Tangerang-Merak diberlakukan pertama kalinya.

“Jadi fisiknya belum selesai. Kan kita harus bangun gerbang. Minggu lalu baru 72%. Tapi minggu ini musti selesai. Rencananya akhir bulan ini kita akan buka. Kita pastikan fisiknya selesai dulu,” kata Herry, Jumat (7/7/2017).

Herry menjelaskan, pada pertengahan bulan ini pihaknya dan BUJT akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Sosialisasi tersebut berupa pemberitahuan sistem pembayarannya yang baru.

Dengan diberlakukannya sistem pembayaran yang terintegrasi ini, maka pengguna tol dari arah Jakarta menuju Ciawi maupun dari arah sebaliknya bakal membayar dengan satu tarif, yang akan dilakukan pada pintu masuk tol (on ramp) atau pintu keluar tol (off ramp). Sehingga pengguna tol bakal membayar sekali saja, baik jaraknya dekat maupun jauh.

Hal tersebut membuat tarif memasuki nantinya bakal berubah.

“Yang pasti tarif lebih murah untuk tarif terjauh dan lebih mahal untuk tarif terdekat,” tukas Herry. (detik.com)