Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorRatusan Rumah di Cibinong Mati Listrik, Pelakunya Mengejutkan

Ratusan Rumah di Cibinong Mati Listrik, Pelakunya Mengejutkan

BOGOR DAILY- Ratusan rumah pelanggan listrik di , Kabupaten Bogor, sempat mengalami padamnya aliran listrik selama beberapa jam, Jumat (14/7/2017) pagi.

Petugas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Pelayanan Jaringan Depok yang membawahi wilayah layanan jaringan listrik di , kemudian berupaya mengatasi padamnya listrik tersebut setelah menerima aduan warga.

Kepala Humas PLN Area Depok Setyo Budiono menuturkan, setelah diceka oleh petugas di lapangan diketahui bahwa penyebab padamnya aliran listrik di sana ternyata adalah karena gangguan alam berupa hewan.

“Yakni adanya bajing yang menempel di kabel jaringan listrik di  ,” kata Setyo Budiono, Jumat (14/7/2017).

Karenanya, kata dia, terjadi trip atau semacam gangguan putusnya aliran listrik yang otomatis mengakibatkan listrik untuk wilayah padam sementara.

“Petugas sudah mengatasi dan menyingkirkan bangkai bajing yang menempel di jaringan tegangan listrik di ,” jelasnya.

Saat ini kata Setyo, aliran listrik untuk wilayah sudah kembali normal, dan listrik di rumah para pelanggan sudah menyala kembali.

Sebelumnya pada awal Januari 2017, padamnya aliran listrik karena hewan yang menempel di kabel jaringan listrik juga terjadi di wilayah Pengasinan, Depok.

Saat itu diketahui bahwa penyebabnya adalah bunglon yang menempel di jaringan listrik di sekitar gardu listrik di sana.

Setyo mengatakan, gangguan teknis dari hewan yang terjadi di dan Pengasinan, memang bisa terjadi dan mengakibatkan aliran listik ke pelanggan padam.

Menurutnya, jika hewan seperti bunglon, bajing pohon, atau tupai melintas di kabel jaringan PLN dan hanya bertumpu atau memegang atau berjalan di satu kabel atau fasa, masalah tidak akan terjadi.

Gangguan, katanya, akan terjadi jika hewan memegang atau bertumpu di 2 kabel atau 2 fasa, atau malah ketiga fasa secara bersamaan.

Juga, jika satu bagian hewan memegang atau bertumpu di kabel, sementara bagian lain menyentuh besi tiang atau traves atau pohon. Dengan begitu, maka otomatis akan terjadi padam atau bahasa teknik listriknya adalah trip.

“Seperti itulah yang terjadi di tadi pagi,” terangnya.