Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorAda Gerhana Bulan, Masjid di Bogor Gelar Salat Khusuf

Ada Gerhana Bulan, Masjid di Bogor Gelar Salat Khusuf

BOGOR DAILY- Berdasarkan data astronomi, akan terjadi Parsial (sebagian) pada 7-8 Agustus 2017. Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin menjelaskan bahwa awal gerhana diperkirakan mulai pukul 02:22 WIT, 01.22 WITA, atau 00.22 WIB. Sedang puncak gerhana terjadi pada pukul 03.21 WIT, 02.21 WITA, atau 01.21 WIB.

Kementrian Agama (Kemenag) RI menyiapkan surat edaran kepada Kanwil Kemenag untuk melaksanakan salat Khusuf. Sebab akan terjadi Parsial (sebagian) pada 7-8 Agustus 2017.

Dari situs resmi Kemenag, Parsial akan terjadi pada Selasa 8 Agustus 2017 pukul 02.22 WIB, 01.22 WITA dan 00.22 WIT. Puncak gerhana terjadi pada pukul 03.21 WIB, 02.21 WITA dan 01.21 WIT.

Kemenag meminta agar masyarakat menyelenggarakan Salat Khusuf Al Qamar atau salat yang akan difasilitasi masing-masing pemerintah daerah di kabupaten /kota.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor Ansurullah mengaku belum menerima surat ederan dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan salat Khusuf tersebut. Menurutnya harus melakukan kajian terlebih dahulu terkait akan terjadinya tersebut. “Kita masih menunggu surat ederannya, dan jika sudah ada nanti baru kita laksanakan,” ujarnya saat dihubungi Metropolitan.

Meski demikian, bukan berarti masyarakat tidak bisa melaksanakan salat Khusuf tersebut, karenamasyarakat pun bisa melaksankan salat sunnah tersebut. “Memang dianjurkan bagi umat muslim untuk melaksanakan salat khusuf ketika terjadinya ini,” terangnya.

Selain itu, menurut Ansurullah dengan adanya tersebut mengingatkan umat muslim tentang kebesaran Allah karena dengan adanya tersebut, karena Allah dapat melakukan hal apapun.

Sementara itu, Ketua Bogor Ustd Ahmad Fathoni mengaku telah menyiapkan untuk pelaksanaan salat . Namun, sebelum melalasanakannya pihaknya akan berkoordinasi dengan MUI Kota Bogor. “Memang secara perhitungan besok akan terjadi gerhana, maka dari itu kita akan melaksankannya secara berjamaah, namun kita juga saat ini masih sedang melakukan koordinasi dengan MUI Kota Bogor,” paparnya.

Dengan adanya gerhana bulan ini, menurut Ustd Fahtoni, umat Islam memberbanyak takbir, istighfar, tasbih, tahlil dan tahmid. Karena menurutnya adanya gerhana bulan ini memang sering kali dikaitkan dengan orang-orang yang meninggal pada zaman dahulu. “Beberapa waktu lalu juga kita melaksanannya, dan sebelum melaksanakan salat Khusuf ini memang selalu ada khotbah terlebih dahulu,” katanya