Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorBegini Ultimatum Dirjen SDA ke Pendaki Gede Pangrango...

Begini Ultimatum Dirjen SDA ke Pendaki Gede Pangrango…

BOGOR DAILY- Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Lingkungan Wiratno langsung sambangi Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung (BBTNGGP). Upaya ini untuk memantau keberadaan salah satu taman nasional tertua di Indonesia.

“Upaya penyelamatan kawasan konservasi itu tidak bisa sendiri, sehingga saya langsung turun ke TNGGP untuk menyemangati personil TNGGP,” jelasnya.

Menurutnya, semua komponen harus diajak terlibat untuk menjaga kawasan konservasi. Pihaknya menegaskan, agar pendaki harus ikut bersama – sama menjaga kawasan Gunung .

“Kami tekankan agar pendaki harus diberi penyuluhan untuk bisa menjaga lingkungan. Sehingga jika ditemukan pendaki yang terbukti membuang sampah sembarangan dia harus diblacklist dan tidak boleh mendaki,” tegasnya.

Menurutnya, jika kawasan TNGGP terjaga lingkungan sekitar kawasan tersebut akan terjaga. Pasalnya Gunung Gede ini salah satu kawasan penyumbang air bersih di Jabar.

“Masyarakat yang di 144 desa sekitar TNGGP kerap mendapatkan air dari Gunung Gede, sehingga mereka harus ikut aktif menjaganya. Jadi keberadaan salah satu taman nasional tertua di Indonesia itu bisa terjaga dengan baik,” tukasnya