Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorDewan Protes, Proyek Perbaikan Jalan Cuma Tambal Sulam

Dewan Protes, Proyek Perbaikan Jalan Cuma Tambal Sulam

BOGOR DAILY-Masih banyaknya jalan rusak di wilayah Cibinong Raya menda­pat perhatian dari pimpinan wakil rakyat di Bumi Tegar Beriman. Keluhan ini pun ba­nyak disuarakan masyarakat, khususnya warga di Cibinong, Sukaraja, Babakanmadang, Bojonggede dan Tajurhalang. “Iya saya juga sering dapat keluhan seperti itu. Teru­tama yang dekat dengan pusat pemerin­tahan,” kata Ketua Kabupaten Bogor Ade Ruhandi.

Untuk itu, dia meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Bogor dapat secepatnya mem­perbaiki jalan tersebut. Sebab, beberapa ruas jalan di Cibinong Raya sudah ba­nyak yang rusak. “Katanya akan mulai dikerjakan atau ditingkatkan, tentu itu kabar baik. Kita minta secepatnya,” kata­nya. Meski anggaran pemeliharaan jalan tahun ini mengalami penurunan dibanding

DPUPR tak boleh menjadikan alasan untuk bekerja secara tidak maksimal. Karena jika digunatahun sebelumnya, kan dengan tepat tentu ha­silnya bisa maksimal. “Asalkan digunakan dengan tepat pasti bisa maksimal. Meski begitu jangan abaikan juga pemeliharaan. Karena kan itu tidak perlu proses tender. Tinggal perencanaannya di­matangkan,” terangnya.­

Sementara itu, Ketua Komisi III Kabupaten Bogor Wawan Haikal mengingatkan yang dilakukan bukan sekadar menambal, me­lainkan menormalisasi saluran air yang tak berfungsi di seki­tarnya. Sebab, dengan tak berfungsinya saluran air, me­nyebabkan air meluber ke ba­dan jalan. Sehingga air tersebut mengikis lapisan aspal dan membentuklah lubang-lubang menganga. “Kalau bicara lubang, itu harus dicek juga saluran airnya. Jangan asal tambal be­gitu saja,” singkatnya.

Sebelumnya, Pemerintah Ka­bupaten (Pemkab) bakal menge­cor jalan rusak dengan ang­garan yang mencapai Rp38 miliar. Anggaran ini diperun­tukan untuk 12 kegiatan pe­ningkatan jalan. Sementara, betonisasi jalan diperkirakan akan dimulai pada pertengahan bulan ini.

Kepala UPT Jalan dan Jem­batan Wilayah I Cibinong Agus Sukwanto menjelaskan, dari 12 kegiatan peningkatan jalan yang masuk APBD 2017 baru pe­ningkatan Jalan Ragajaya-Kampung Pulo yang sudah siap dikerjakan.

Pria yang akrab disapa Apuy ini mengklaim penyedia jasa sudah mulai melakukan penin­jauan lapangan. “Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) sudah kelu­ar untuk yang Jalan Ragajaya. Pekan ini juga sudah mulai di­kerjakan. Akan dibeton. Ang­garannya sebesar Rp5,9 miliar,” kata Apuy.