Friday, 19 April 2024
HomeBeritaJokowi Geber Pembangunan Papua Sampai Rogoh Rp7,6 Triliun

Jokowi Geber Pembangunan Papua Sampai Rogoh Rp7,6 Triliun

BOGOR DAILYPada tahun 2017, total dana APBN Perubahan dari pagu Kementerian PUPR yang dikucurkan untuk membangun di Papua dan Papua Barat mencapai Rp 7,61 triliun. Dana tersebut belum termasuk Dana Alokasi Khusus (DAK) yang mencapai Rp 2,18 triliun.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (1/8/2017), anggaran PUPR yang dialokasikan untuk Provinsi Papua antara lain Rp 411 miliar untuk Sumber Daya Air, Rp 3,7 triliun untuk Bina Marga, Rp 132 miliar untuk Cipta Karya, dan Rp 85 miliar untuk Perumahan.

Sedangkan di Provinsi Papua Barat, program pembangunan proyek SDA dialokasikan sebesar Rp 343 miliar, Bina Marga Rp 1,5 triliun, dan cipta Karya Rp 129 miliar.

Di bidang jalan, pemerintah akan menyelesaikan sekitar 112 km jalan Trans Papua yang ditargetkan rampung pada tahun depan. Di bidang sumber daya air, Kementerian PUPR melakukan rehabilitasi beberapa daerah irigasi.

Pembangunan disektor perumahan juga dilakukan, di antaranya memperbaiki rumah-rumah yang tidak layak huni, melalui program rumah swadaya.

“Ditargetkan di Papua dan Papua Barat masing-masing sebanyak 3.500 unit. Selain itu ada program rumah khusus yang dibangun untuk nelayan, tenaga medis, dan pemuka agama,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Selain itu dalam meningkatkan kualitas permukiman, dilakukan penanganan kawasan kumuh melalui program kota tanpa kumuh (KOTAKU) yang menjangkau 41 kelurahan di Kota Sorong dan Kota Manokwari Barat.

Selain pembangunan konektivitas, kawasan perbatasan juga mendapatkan sentuhan pembangunan. Kementerian PUPR telah selesai mengerjakan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang kelak dilengkapi penunjang lainnya seperti pasar sehingga kawasan PLBN dapat berfungsi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.