Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorKelakuan Pelajar Pulang Sekolah Langsung Bajak Truk

Kelakuan Pelajar Pulang Sekolah Langsung Bajak Truk

BOGOR DAILY– Wajah pendidikan di Bumi Tegar Beriman begitu mengkhawatirkan. Sebab, banyak masalah yang harus segera diselesaikan untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa ini. Membajak mobil (BM) merupakan salah satu penyakit para pelajar yang belum bisa disembuhkan hingga kini.

Padahal, dari aksi ngeBM ini akan memicu tawuran antarpelajar. Salah seorang pelajar, Arya (16) mengatakan, ngeBM ini sudah menjadi tradisi bagi anak-.

Apalagi bagi para pelajar SMK. Meski begitu, hal ini bukan dilatarbelakangi tak punya uang untuk naik angkutan umum. ”Kalau saya sih hanya diajak saja sama teman. Tapi kayaknya seru, makanya saya ikut,” katanya. Ia pun mengakui saat ngeBM, biasanya dirinya diserang pelajar sekolah lain dan pastinya akan berujung tawuran.

”Biasanya sih kalau ngeBM gini kita juga bawa senjata, nggak mungkin tangan kosong. Tak utnya ada yang nyerang dari sekolah lain,” tuturnya.

Sementara Andi (15) mengungkapkan, aktivitas mencegat mobil truk ini tentu tidak diketahui pihak sekolah. Sebab jika diketahui pihak sekolah, para siswa ini akan diberi sanksi oleh guru-gurunya.

”Kalau ketahuan oleh guru pasti dihukum kita. Apalagi kalau ketahuan sama orang tua, bahaya itu,” ungkapnya sambil tersenyum. Ia pun memaparkan, biasanya siswa-siswa yang baru masuk diajak kakak kelasnya un- tuk ikut nge-BM.

Kalau tidak ikut, biasanya dikucilkan di sekolah. ”Kalau nge-BM ini bisa Rsampai ke daerah Cianjur,” paparnya. Terpisah, salah seorang wali murid, Ajun (38), mengaku hal ini memang harus mendapat perhatian serius dari pemerintah dan masyarakat secara umum.

Karena jika sudah keluar lingkungan sekolah, hal ini bukan menjadi tanggung jawab sekolah lagi. ”Kita sebagai orang tua juga harus lebih memperhatikan anak-anak kita yang sekolah, jangan sampai terjerumus dalam pergaulan seperti itu,” akunya