Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorKelompok Bersenjata Merangsek ke Lapangan Tegar Beriman

Kelompok Bersenjata Merangsek ke Lapangan Tegar Beriman

BOGOR DAILY-Peringa­tan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Kabupa­ten Bogor berlangsung drama­tis, kemarin. Acara yang digelar di Lapagan Tegar Beriman, Kecamatan , Kabupa­ten Bogor, berubah menjadi medan perang. Terdengar suara tembakan keluar dari dua kubu yang tengah bertikai. Se­gerombolan kelompok dengan senjata laras panjang mengham­pir warga yang tengah berjua­lan. Seketika, mereka mengacak-ngacak barang jualan yang dijajak itu. Lalu, memaksa para warga berkumpul dengan to­dongan senjata api.

Tak selang lama, kelompok dengan atribut merah putih merangsek masuk ke lapangan. Mereka menembaki para pen­jajah yang sedang menginti­midasi warga. Hingga akhirnya para penjajah tersungkur dan berlutut tanda menyerah. Tapi tenang, ini hanyalah aksi teat­rikal yang diperagakan aparat keamanan bersama masyarakat Kabupaten Bogor. Aksi ini dila­kukan untuk mengenang jasa pahlawan Mayor Oking yang merupakan pahlawan dari Bo­gor. “Tanpa peran serta semua pihak kita tidak akan berhasil dengan baik,” kata Bupati Bogor Nurhayanti.

Ia pun mengucap terimakasih kepada para pemangku kepen­tingan dan elemen masyarakat, atas kerjasama yang sangat baik dalam melaksanakan program pembangunan daerah di Ka­bupaten Bogor. Apalagi, tanpa peran serta semua pihak pembangunan tidak akan mungkin bisa berjalan dengan baik. “Kita memberikan penghar­gaan setinggi-tingginya ke­pada semua pihak, karena kebersamaan adalah kekuatan kita,” ucap dia.

Nurhayanti menjelaskan, se­panjang 72 tahun ini Indonesia telah berkembang menjadi negara yang tidak kalah pesat pertumbuhannya dibandingkan negara negara berkembang lainnya. Sebagai bangsa, men­urutnya, masyarakat mendapat tempat yang terhormat dalam berbagai forum internasional. Namun demikian, harus diakui bahwa saat ini masyarakat In­donesia masih dihadapkan pada berbagai tantangan yang sangat dinamis dan kompleks.

“Terutama ketika seluruh dunia menjadi pasar global yang tanpa batas dan menuntut un­tuk bekerja keras, bekerja cer­das dan bekerja ikhlas membangun kualitas sebagai bang­sa yang unggul dan berdaya saing tinggi,” jelasnya.

Karenannya, lanjut dia, disi­nilah pentingnya seluruh pihak untuk mengedepankan nilai-nilai persatuan, kesatuan dan kebersamaan. Dengan tujuan agar keberagaman menjadi rahmat dan sumber kekuatan yang dapat mendorong seluruh pihak untuk saling mendukung satu sama lain dan maju ber­sama sebagai bangsa yang kuat dan bersatu.

“Kita juga dihadapkan pada tantangan pluralitas masyarakat yang ma­jemuk, mengingat bangsa In­donesia terdiri atas latar belakang agama, budaya, suku bangsa dan adat istiadat yang sangat beragam,” tutur dia.

Nurhayanti berharap, seluruh komponen masyarakat Kabu­paten Bogor dapat bekerjasama untuk memberikan yang terbaik. Sehingga, mampu mengisi ke­merdekaan bangsa dengan karya dan prestasi terbaik. “Ter­penting harus memelihara dan memantapkan suasana kondu­sif dengan terus mengedepan­kan kepentingan, kelancaran dan suksesnya pembangunan di Kabupaten Bogor. Saya juga yakin kita memiliki harapan untuk bisa meningkatkan kua­litas berbagai sektor pembangu­nan daerah di Kabupaten Bogor,” ujarnya.