Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorMenhub Minta Reaktivasi Jalur Bogor-Bandung Rampung 2018

Menhub Minta Reaktivasi Jalur Bogor-Bandung Rampung 2018

BOGOR DAILY –  jalur kereta Bogor-Sukabumi-Cianjur hingga Bandung kembali disoroti. Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menargetkan agar jalur itu bisa rampung sesuai target pada 2018 mendatang.

“Saya ke Sukabumi ini selain untuk mempersiapkan kedatangan Presiden RI Joko Widodo juga untuk finalisasi desain jalur kereta Bogor hingga Bandung,” katanya.

tahap pertama ini diharapkan selesai pada 2018, kemudian tahap kedua akan membangun double track (dua lintasan) kereta api dari Bogor hingga Sukabumi yang ditargetkan selesai pada 2019.

Kemudian tahap ketiga pada 2020 mulai dilakukan elektrifikasi dari Bogor ke Sukabumi yang diikuti double track Sukabumi-Bandung. Diharapkan dan pembenahan jalur kereta Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung ini bisa meningkatkan jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta.

Selain itu juga untuk pengalihan angkutan barang ke kereta api sehingga diharapkan bisa menanggulangi kemacetan yang ada di jalur Sukabumi hingga Bogor maupun Sukabumi-Bandung.

“Kami juga berharap progam peningkatan jalur kereta ini penyelesaian pembangunannya bisa berbarengan dengan jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi,” tambahnya.

Budi mengatakan, proses perbaikan jalur dari Bogor hingga Bandung ini akan dimulai tahun depan atau 2018. Saat ini jalur kereta Cianjur-Bandung belum ada sehingga pembangunannya akan berbarengan tahun depan.