Thursday, 28 March 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Gagas Gedung Parkir Bertingkat di Jalan Tegar Beriman

Pemkab Gagas Gedung Parkir Bertingkat di Jalan Tegar Beriman

BOGOR DAILY– Persoalan parkir kendaraan sembarang­an di , Kecamatan Cibinong, seakan tak ada habisnya. Hingga saat ini, baik kendaraan roda dua dan roda empat kerap men­ghiasi bahu . Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor pun berencana membangun di sekitar .

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar men­gatakan, sebenarnya untuk Feasibility Study (FS) sudah ada kajiannya. Namun, kajian itu masih harus disempurnakan terlebih da­hulu, karena ada beberapa hal yang perlu dimatangkan. “Se­telah dipelajari FS tidak sesuai dengan harapan, kita inginkan ini seperti yang ada di BPPT Jakarta,” kata Adang.

Menurut dia, konsep yang dimaksud adalah parkir ber­tingkat yang memiliki tampak depan seperti mal, rumah ma­kan atau gedung perkantoran. Sehingga ketika FS ini sudah Bogor, tahap selanjutnya langsung ke tahap pembuatan De­tail Engineering Design (DED). “Sudah saya sampaikan ke Bappeda agar bisa mengikuti seperti itu. Kalau lahan ada beberapa yang memungkinkan dan ini yang sedang kita buat FS-nya,” ujarnya.­

Adang juga merasa jika ren­cana pembangunan gedung ini dapat te­realisasi, tentu cerita tentang kendaraan parkir di bahu sudah tidak ada lagi. Sebab, pembangunan ini nantinya bertujuan mencipta­kan tertib berlalu lintas. “Tidak ada lagi parkir kendaraan di jalur lambat,” imbuhnya.

Disinggung mengenai peng­elola , ia menu­turkan, ada dua kemungkinan konsep yang bisa dilakukan untuk pengelolaan parkir nanti. Di antaranya dilakukan secara kerja sama dalam artian pemerin­tah menyediakan lahan, sedang­kan yang membangun pihak ketiga atau pemerintah menyi­apkan unit khusus yang dipercaya mengelola tersebut. “Itu kajianlah siapa yang mengelola, terpenting bangun dulu,” tutur Adang.

Adang menambahkan, me­mang dengan dibuatnya gedung parkir bertingkat ini akan me­musatkan pengendara parkir kendaraannya di satu titik yang sudah ditentukan. Sehingga dari mereka ada yang harus berjalan kaki terlebih dulu dari tempat parkir ke tempat­nya bekerja. Namun demikian, Pemkab Bogor nantinya akan menyediakan shuttle bus se­bagai akses bagi mereka untuk menuju kantornya. “Kita akan sediakan kendaraan seperti mobil Pol PP yang terbuka itu dan mereka akan muter terus. Lebih bagus lagi kalau jalan kaki,” tutupnya.