Tuesday, 23 April 2024
HomeNasionalSapi Jokowi Jadi Tontonan Warga, Lihat Nih Bobotnya

Sapi Jokowi Jadi Tontonan Warga, Lihat Nih Bobotnya

BOGOR DAILY- Untuk pertama kalinya Presiden Joko Widodo menyumbangkan sapi kurban di Masjid Taqwa, Palembang, Sumatera Selatan. Sapi seberat 1,3 ton ini pun menarik perhatian dan jadi tontonan masyarakat sekitar.

Sapi kurban milik Presiden tiba di Masjid Taqwa sebelum azan magrib, Kamis (31/8/2017). Terlihat masyarakat telah ramai menunggu ingin menyaksikan langsung sapi jumbo tersebut. Sapi jenis Simmental Brahman itu dipesan langsung oleh utusan dari salah seorang peternak bernama Akeng yang ada di Kenten Banyuasin.

“Saya datang jam 15.00 WIB tadi, sekalian bawa anak-anak karena mau lihat sapi Pak . Kalau sapi Pak ini kan beda kalau dilihat dari ukuran dan jenis sapinya, ini saja beda jauh kalau dibandingkan dengan yang lain,” ujar Herman, salah satu warga yang menyaksikan kedatangan sapi kurban di Masjid Taqwa Palembang.

Herman mengajak dua anaknya menyaksikan sapi kurban milik tersebut. Dia ingin memberi tahu anaknya tentang makna berkurban pada Idul Adha.

Sementara itu, panitia kurban Masjid Taqwa H Bakaruddin mengaku sempat bingung saat hendak menerima sapi kurban dari tersebut. Dia risau pasti akan banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang ke lokasi masjid.

“Sempat bingung juga, karena kalau hanya sapi Pak saja yang ada di sini pasti masyarakat pada datang ke sini dan pasti tidak akan cukup. Tapi kita bersyukur ada beberapa warga juga yang ikut berkurban di sini dan bisa digabungkan,” ujar Bakaruddin saat menerima kedatangan sapi .

Selain itu, selama 10 tahun menjadi pengurus Masjid Taqwa, Bakaruddin mengaku baru tahun ini ada kurban dari presiden dan sapinya dinilai cukup besar. Ia berharap pada tahun-tahun berikutnya Masjid Taqwa masih diberi kepercayaan untuk menerima kurban dari .

“Baru tahun ini kita menerima sapi kurban bantuan Bapak Presiden Jokowi, jadi hewannya cukup besar dengan berat 1.300 kilogram atau 1,3 ton. Kondisi sapinya juga cukup baik, dan kami sebagai panitia sangat berterima kasih, mudah-mudahan tahun depan masih diberi kesempatan untuk menerima kurban lagi,” katanya.

Ditambahkan Bakaruddin, yang juga menjabat bendahara Masjid Taqwa, pemotongan dan pembagian daging kurban rencananya dilaksanakan pada hari Sabtu (2/9). Panitia telah membagikan setidaknya 1.000 kupon kepada masyarakat sekitar yang dianggap layak menerima jatah kurban sesuai ketentuan berkurban.

“Sampai hari ini kita sudah bagikan 1.000 kupon, dan itu diberikan kepada masyarakat yang berhak menerima di lingkungan Masjid Taqwa. Untuk sapi Bapak Presiden akan dipotong pada hari Sabtu (2/9) bersamaan dengan sapi kurban yang lain dan dibagikan pada hari itu juga sesuai kupon yang dibagikan,” katanya