Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorSPBU Citayam Meledak, Motor Penjual Bensin Hangus

SPBU Citayam Meledak, Motor Penjual Bensin Hangus

BOGOR DAILY– Stasiun Pengisian Bahanba­kar Umum (SPBU) di Jalan Arco, Parung-Ragamukti, Desa Citayam, Kecamatan Tajurha­lang, Kabupaten Bogor, tiba-tiba meledak, kemarin. Meski tak ada korban jiwa, satu unit motor milik penjual bensin eceran ikut tersambar api hingga hangus terbakar.

Sekitar pukul 08:15 WIB, petugas dan pe­langgan SPBU di Citayam hangus terbakar. Kejadian bermula saat seorang karyawan ber­nama Uum melayani pengisian bensin kepada pelanggan untuk dijual eceran. Namun saat proses pengisian, tiba-tiba terjadi ledakan kecil dan memicu ledakan susulan yang lebih besar. Kejadian tersebut membuat semua orang di area SPBU panik.

Warga Sasakpanjang Maman mengaku kaget mendengar ledakan dari SPBU. Saat tengah melintas depan SPBU, ia melihat ada petugas lari meninggalkan dispenser pengis­ian, sedangkan api sudah berkobar. Api mem­besar lantaran jeriken yang berisi bensin ikut terbakar. Kobaran api semakin mem­besar hingga membakar satu unit sepeda motor pelanggan yang sedang mengisi bahan bakar tersebut. “Tadi suara ledakannya kencang pas saat lewat depan SPBU,” katanya.

Saksi lainnya, Ade, melihat api di ujung selang pengisian yang tertancap di lubang jeri­ken. Api kemudian menyembur ke atas, sementara jeriken ter­sebut pecah hingga berham­buran ke bawah dan menyebab­kan api semakin besar mem­bakar seluruh dispenser dan sekitarnya. “Api begitu cepat sehingga membuat saya dan warga lainnya panik. Kejadian­nya berjalan sangat cepat dan api terus membesar,” ujarnya.

Seorang petugas keamanan Mulyadi menambahkan, saat kejadian semua dalam kon­disi panik melihat api. Namun pihaknya harus mengambil langkah antisipasi dengan me­nyemprot api dengan tabung pemadam.

”Saya berusaha semaksimal mungkin memadamkan area sekitar agar api tidak menja­lar ke mana-mana. Saya me­rasa ini tanggung jawab saya, karena kejadian saat sif saya bertugas,” ucapnya.

Kebakaran pom bensin ini pun ditangani petugas Damkar Kota Depok. Kepala Dinas Pe­madam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok Yayan Aryanto menuturkan, meski lo­kasi SPBU Pertamina yang ter­bakar berada di Kabupaten Bogor, lokasinya berbatasan langsung dengan wilayah Kota Depok. Karena itu, pihaknya berinisiatif menurunkan tim un­tuk mengatasi kebakaran saat menerima laporan warga. ”Kami turunkan dua unit mobil damkar ke lokasi kejadian,” katanya.

Dalam waktu 40 menit, tam­bah Yayan, api bisa diatasi dan dicegah meluas ke bangunan lain dan pompa pengisian lain di SPBU tersebut. ”Kebakaran terjadi karena human error saat pengisian bahan bakar dilaku­kan petugas ke konsumen pengendara sepeda motor,” katanya. Yayan memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. ”Kerugiannya dip­erkirakan mencapai Rp250 juta. Luas area yang terbakar adalah sekitar 100 meter persegi,” pung­kasnya.