Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorTranspakuan Bangkrut, Pemkot Bogor Mau Datangkan 160 Bus

Transpakuan Bangkrut, Pemkot Bogor Mau Datangkan 160 Bus

BOGOR DAILY– Kota Bogor akan mengurangi penggunaan kendaraan roda dua dan pribadi dengan mengganti kendaraan angkutan perkotaan (angkot) dengan bus. Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan akan mendatangkan 160 bus mulai tahun depan. Namun sayang,hingga kini Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) yang mengelola angkutan massal Transpakuan bangkrut.

“Tiga angkutan kota dikonversi tetap akan menjadi satu bus,” kata Bima.

angkot menjadi bus dinilai lebih efektif ketimbang wacana pembatasan sepeda motor di Jalan Pajajaran, Bogor, yang direkomendasikan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), yang dibentuk pemerintah pusat. Bima mengaku belum menerima paparan resmi mengenai wacana itu. “Kami harus menghitung dampaknya.”ujarnya.

Menurut Bima, wacana pembatasan sepeda motor di jalan nasional itu bukan hal baru. Pemerintah Kota Bogor sudah lama mengkaji rencana pembatasan kendaraan roda dua. Namun, jika wacana itu diterapkan di wilayahnya, ia meminta kebijakan itu harus akurat.

“Kami menuju ke arah transportasi publik dan massal.” Rencana mengonversi angkot menjadi bus sudah disosialisasikan dan disetujui pengemudi angkot. Tiga sopir angkot akan beralih menjadi pengemudi bus dalam tiga giliran waktu kerja.

Tidak hanya membuat kesepakatan dengan pengemudi angkot, rencana sudah dimulai dengan membentuk badan hukum. Badan hukum itu, kata Bima, yang akan mengoperasikan bus.

Hasil studi Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek merekomendasikan pembatasan sepeda motor di Simpang Pajajaran-Otto Iskandardinata dan Simpang Pajajaran-Raya Tajur. Tiap jalur itu memiliki panjang sekitar 2,5 kilometer.

Para pengendara sepeda motor akan dialihkan ke jalur alternatif. Untuk rute Simpang Pajajaran-Otto Iskandardinata, pengendara sepeda motor disarankan melalui Otto Iskandardinata-Surya Kencana-Siliwangi. Rute itu panjangnya 3,5 kilometer. Jika hendak melintasi Simpang Pajajaran-Raya Tajur, jalur alternatifnya melalui Jalan Siliwangi-Lawang Gintung-Batu Tulis-Pahlawan-Jalan R. Saleh Bustaman-Djuanda-Jalak Harupat-Pajajaran dengan panjang rute 7,4 kilometer.