Wednesday, 24 April 2024
HomeBerita31 Oktober, Duit Cash Enggak Laku Bayar Tol di Bogor

31 Oktober, Duit Cash Enggak Laku Bayar Tol di Bogor

BOGOR DAILY- Mulai Oktober 2017 PT menerapkan sistem transaksi pembayaran menggunakan uang elektronik atau e-money di Bogor Outer Ring Road (BORR). Artinya, para pengguna tol mulai akhir Oktober nanti PT MSJ tidak lagi menerima transaksi pembayaran secara tunai.

Direktur Utama PT (MSJ), Hendo Admojo menuturkan penerapan sistem transaksi menggunakan e-money merupakan suatu bentuk dukungan terhadap program Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

“Jadi untuk mengurangi uang tunai juga, karena mencetak uang itu pemerintah memerlukan biaya, tapi dengan adanya gerakan non tunai ini beban pemerintah tentu akan berkurang,” ungkapnya kepada wartawan di Kantor PT. MSJ, Jalan Tol Lingkar Luar Bogor, Senin (4/9).

Hendro menuturkan, dengan diterapkannya sistem secara elektronik tersebut juga membuat pihaknya tak perlu lagi menyiapkan sejumlah uang untuk kembalian.

“Dalam satu hari itu kami menyiapkan uang Rp 100 juta untuk uang kebalian, kalau udah e-money kami tidak perlu menyiapkan lagi duit cash,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, diberlakukannya transaksi elektrik pun akan meminimalisir adanya antrean kendaraan yang kerap terjadi di setiap pintu tol. Kata dia, dalam transaksi elektronik hanya memerlukan 1-2 detik untuk masuk/keluar gate. Bila dibandingkan dengan layanan tunai, transaksi bisa mencapai lebih dari 5 detik untuk setiap transaksi.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa, penerapan sistem tersebut terlebih dahulu akan dilakukan masa uji coba selama satu bulan atau batas waktu hingga akhir Oktober.

“Jadi kalau ada yang belum menggunakan e-money itu masih diberi kesempatan untuk membeli kartu dan mencoba mengisi ulang saldo di gardu tol,” tuturnya.

Setelah, sistem transaksi secara elektronik tersebut secara penuh akan diterapkan, November layanan pembayaran tol sepenuhnya menggunakan elektronik