Friday, 19 April 2024
HomeNasional4.076 Rumah di 3 Daerah Ini Direndam Banjir

4.076 Rumah di 3 Daerah Ini Direndam Banjir

BOGOR DAILY– Hujan deras yang melanda sejumlah daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengakibatkan dua sungai meluap. Dampak dari luapan itu, ribuan rumah yang tersebar di dua kota dan satu Kabupaten terendam .

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, daerah yang terendam akibat hujan deras tersebut yakni Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Asahan dan Kabupaten Labura. Kejadian itu berlangsung pada Sabtu (16/9) sekira pukul 02.00 WIB hingga sore.

Sutopo merinci untuk di Kota Tebing Tinggi dipicu oleh meluapnya Sungai Padang dan Sungai Bahilang. Luapan itu merendam 1.958 rumah terendam dan 7.768 jiwa terdampak . Semua itu tersebar di 5 kecamatan. “Tinggi mencapai 1,5 meter,” ujar Sutopo

Sementara itu di Kabupaten Asahan melanda 20 desa dan kelurahan di 7 kecamatan sejak Sabtu pagi hingga malam ini masih berlangsung. Tujuh kecamatan yang terendam adalah Kecamatan Buntu Pane, Setia Panji, Tinggi Raja, Pulau Bandring, Rahuning, Pulau Rakyat, dan Aek Ledong. Data sementara, sebanyak 2.037 KK terdampak .

disebabkan intensitas hujan yang tinggi secara merata di wilayah Kabupaten Asahan dan sekitarnya yang berlangsung sejak Jumat petang (15/9) hingga Sabtu pagi (16/9). Kondisi demikian menyebabkan Sungai Aek Silo, Sungai Ambalutu, Sungai Piasa, dan Sungai Kopas meluap. Ketinggian air banjir berkisar 30-130 centimeter. BPBD Kabupaten Asahan bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan, dan masyarakat telah melakukan pendirian posko dapur umum.

Banjir di Kabupaten Labura dengan dampak banjir yang tidak seluas di Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Asahan. Di daerah ini hanya 81 rumah terendam banjir yang terdapat di Kecamatan Kuala Hulu dan Kecamatan Kuala Selatan. Tidak ada korban jiwa dan pengungsi dari banjir di Labura.