Friday, 29 March 2024
HomeBerita4 hari Pura-pura Buta, Pengemis Kantongi Penghasilan Rp1,2 Juta

4 hari Pura-pura Buta, Pengemis Kantongi Penghasilan Rp1,2 Juta

BOGOR DAILY- Petugas Pelayanan Pengawasan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Timur menjangkau dua orang yang diduga berpura-pura buta. Pada saat dilakukan penjangkauan, tersebut sedang melancarkan aksinya di wilayah Cakung.

“Kami sedang melingkar di Cakung seperti biasanya, lalu kami melihat ada dua orang tuna netra sedang beroperasi,” kata Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Sudinsos Jaktim, Haryanto kepada wartawan, Selasa (19/9/2017). Haryanto menuturkan, dua itu memiliki tugas masing-masing dalam menjalankan aksinya.

Satu orang berpura-pura buta. Sedangkan satu orang lagi bertugas menuntun orang yang berpura-pura buta tersebut. “Baru empat hari di Jakarta mereka sudah dapat Rp1,2 juta. Mereka dari Brebes. Tinggal berpindah-pindah di kawasan Pulogadung,” ungkap dia.

Haryanto mengimbau kepada masyarakat agar tak mudah tertipu dengan modus yang digunakan orang lain dengan cara meminta-minta. Menurut dia, sumbangan dari warga akan lebih bermanfaat bila disalurkan ke lembaga-lembaga resmi nan terpercaya. Kini, kedua tersebut telah dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 di Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Mereka akan dibina dan dipulangkan ke kampung halamannya di Brebes, Jawa Tengah