Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaAjang Miss Waria Tingkat Nasional Diprotes

Ajang Miss Waria Tingkat Nasional Diprotes

BOGOR DAILY– Ajang tingkat nasional yang digelar di Golni, Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) baru-baru ini membuat mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa IAIN marah.

Puluhan calon generasi penerus bangsa itu mendatangi kantor DPRD Provinsi Sulteng dan Mapolda Sulteng kemarin (12/9). Mereka menuntut pimpinan dewan memanggil pihak yang memberikan perizinan kegiatan tersebut.

Sementara itu, kepada pihak Polda Sulteng, para mahasiswa mendesak untuk mengusut tuntas aktor yang terlibat dalam kegiatan yang telah dilaksanakan belum lama ini di Golni.

Koordinator aksi Moh. Arif menyatakan, Sulteng merupakan salah satu provinsi yang kebanyakan jumlah penduduknya menganut agama Islam. Agama tersebut menjadi mayoritas di semua kabupaten dan kota. Hal itu menjadi data real bahwa warga Sulteng mayoritas muslim.

“Kami dari mahasiswa IAIN Palu mengecam keras pemilihan tingkat nasional. Apalagi, kegiatan yang diselenggarakan di Golni berada di wilayah yang ditunjuk sebagai daerah religius. Di sebelah gedung itu juga terdapat kampus kami sehingga mereka (waria) telah menginjak harga diri kampus,” ujarnya di depan massa aksi.

Dalam aksi tersebut, tiga anggota DPRD Sulteng menerima para aksi, yaitu Halima dari Fraksi Hanura, Faizal Iskandar Golkar, dan I Nyoman Slamet. Mereka berjanji melakukan hearing dengan mendatangkan dinas yang telah memberikan izin penyelenggaraan itu.