Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorBikin Panik, Roket Lapan Nyasar ke Pemukiman Warga

Bikin Panik, Roket Lapan Nyasar ke Pemukiman Warga

BOGOR DAILY-Kejatuhan roket milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional () sepertinya sudah menjadi hal yang biasa bagi warga Desa Sukamulya, Kecamatan , Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kendati demikian tetap saja membuat warga panik kalau ada benda aneh yang menimpa dari angkasa.

Seperti yang dialami warga Kampung Parigi, RT 03/06, Desa Sukamulya, Kecamatan , Kabupaten Bogor, pagi kemarin (5/9). Mereka melihat ada suara bising dan aneh jatuh ke tanah.

Warga pun memberanikan diri mendatangi arah suara. Mereka melihat sebuah benda seperti tabung elpiji besar yang menyemburkan percikan api terbang ke arah perkebunan.

“Sebelum jatuh, sempat mutar-mutar di atas rumah saya. Terus jatuh di belakang rumah. Kayak ayam ngamuk, habis dipotong, gelepek-gelepek gitu,” ungkap Lilis, 30, warga RT 03/06, Desa Sukamulya, Kecamatan .

Setelah benda itu tak bergerak, Lilis bersama warga lain mendekati lokasi jatuhnya benda metal sepanjang sekitar 1,5 meter tersebut. Sebagaimana dugaannya, benda itu merupakan roket milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (). Lilis memang pernah mengalami kejadian serupa. “Sudah tiga kali seperti ini,” ujarnya.

Tidak lama kemudian, Babinkamtibnas Desa Sukamulya Aiptu Sujarwo datang untuk mengamankan lokasi. Roket tersebut pun langsung diamankan dan dibawa kembali ke kawasan di Kecamatan .

Kasubbag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena menjelaskan, roket milik itu jatuh pascauji statistik di Tarogong, Desa Mekarsari, Kecamatan , sekitar pukul 10.30. Petugas langsung mengamankan roket serta lokasi penemuan. Peristiwa itu mengakibatkan kerusakan pohon bambu milik warga. Namun, tidak ada korban.

Menurut Ita, sewaktu melakukan uji coba roket, ada kesalahan teknis sehingga selongsong roket terbang ke arah utara yang berjarak sekitar 1 km dari titik awal. Roket kemudian memutar dan jatuh di pepohonan.

“Lapan melakukan penelitian penyebab jatuhnya roket. Lapan mengumpulkan warga untuk memberikan penjelasan dan antisipasi keresahan di lokasi jatuhnya selongsong,” kata Ita.