Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorOrangtua Patungan Perbaiki Sekolah yang Rusak di Cisarua

Orangtua Patungan Perbaiki Sekolah yang Rusak di Cisarua

BOGOR DAILY-Kondisi gedung SDN Ci­beureum 1, Kecamatan Cisarua, Kabu­paten Bogor yang terbuka, membuat orang tua siswa prihatin. Khawatir Ke­giatan Belajar Mengajar (KBM) anaknya terganggu, orang tua siswa akhirnya menggalang dana secara swadaya.

Ketua Komite 1 Ade membenarkan jika pengadaan jendela atau kusen dilakukan melalui swadaya yang anaknya baru masuk sekolah dan itu disepakati saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). “Orang tua siswa yang anaknya masuk ke sekolah ini se­pakat akan memberikan bantuan beru­pa sumbangan,” ujarnya.

Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan di Desa Cibeureum itu mengatakan, bantuan sumbangan sebesar Rp150.000 dilakukan sebanyak 105 orang tua siswa dan bersifat tidak mengikat. Sebab, dari jumlah siswa yang masuk di SDN Cibeu­reum 1 tidak semua orang tua siswanya memberikan sumbangan. ”Sekarang saja baru terkumpul Rp6 juta. Jadi, bagi siswa yatim piatu dan masuk kategori orang tua tidak mampu sama sekali tidak dibebankan,” paparnya.

Adapun sumbangan bantuan yang paling besar, sambung Ade, berasal dari Kepala Desa (Kades) Cibeureum. Sehingga gedung sekolah yang tahun lalu tanpa kusen atau jendela dan pintu itu saat ini sudah terpasang. ”Ke­betulan pak kades anaknya sekolah di sini, jadi menyumbang lebih besar. Kalau tidak ada pak kades, mungkin sekarang kondisi gedung sekolah belum terpasang jendela dan kacanya,” jelas­nya.

Meski begitu, sebagai komite di 1, Ade masih harus men­cari bantuan agar keberadaan sekolah yang menjadi ikon di wilayah Cibeureum lebih rapi dan representatif.

”Sekarang tinggal beberapa jendela maupun pintu yang belum ada kacanya. Terus sama lantai belum dikeramik, ma­kanya saya sebagai ketua komite berpi­kir keras bagaimana bisa mendapatkan bantuan,” terangnya.

Sementara di lokasi 1 nampak para pekerja mengerjakan bangu­nan fisik di lantai atas. Pembangunan tersebut berasal dari bantuan pemerin­tah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017.

Saat dikonfirmasi, Kepala SDN Cibeu­reum 1 Dede Sutisna sedang tidak ada di sekolah. Informasi dari beberapa guru, kepala sekolah sedang rapat