Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalSiap-siap, Beli Bensin Tak Lagi Pakai Duit Cash

Siap-siap, Beli Bensin Tak Lagi Pakai Duit Cash

BOGOR DAILY-Selain PT Jasa Marga Persero Tbk, PTPertamina (Persero) juga siap memberlakukan transaksi uang elektronik )e-Money) pada tiap stasiun pengisian bahan bakar () Pertamina.

Langkah ini diklaim sebagai sinergi dari Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia pada 2014 lalu.

Sebagai tahap awal, Pertamina sudah melakukan uji coba pada beberapa yang ada di Jakarta.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, menjelaskan, bahwa program cashless sebenarnya sudah mulai disosialisasikan sejak awal tahun 2017 lalu.

“Kita arahnya ke sana (uang elektronik), sekarang dalam tahap uji coba dulu di beberapa di Jakarta, jadi nanti semua non tunai di , semua pakai kartu sebagai pembayaran uang elektronik,” kata Adiatma.

Menurut Adiatma, untuk mendorong penggunaan uang elektronik, pada Februari 2017 lalu Pertamina secara nasional sudah membuat program Fuel Lucky Swipe.

Program tersebut merupakan rangkaian kegiatan no surcharge atau setiap transaksi non tunai di Pertamina di Indonesia bebas biaya tambahan.

Bahkan sebagai iming-iming, Pertamina juga memberikan hadiah menarik berupa sembilan mobil dan 30 motor bagi masyarakat yang aktif melakukan pembelian BBM secara non tunai

Adiatma mengatakan uji coba tidak hanya di Jakarta, beberapa Pertamina di kota besar bahkan sudah ada yang menerapkan wajib cashless.

“Di Semarang sudah kita dorong untuk elektronik, lalu hari ini baru kita kick off MoU kerja sama dengan Walikota Pontianak dan pihak BI. Jadi nanti ada puluhan di sana (Pontianak) yang wajib bertransaksi dengan uang elektronik. Prosesnya nanti saya sampaikan lagi,” ucap Adiatma.