Simulasi Pemilu Berlangsung di Bogor, Ini Evaluasi DPR RI - bogordaily.net
BOGOR AREA

Simulasi Pemilu Berlangsung di Bogor, Ini Evaluasi DPR RI

BOGOR DAILY- Komisi II DPR ikut meninjau simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2019 yang digelar KPU di Bogor, Jabar. Komisi II memberi catatan untuk bilik suara karena belum menyesuaikan dengan lebar surat suara.

“Ukuran bilik pemilihan ini juga harus disesuaikan dengan lebarnya kertas suara. Kertas suaranya menurut simulasi hari ini cukup lebar. Jadi itu harus dibuat supaya kertas itu benar-benar terbuka,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR Fandi Utomo di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jabar, Sabtu (30/9/2017).

Formulir C6 atau surat pemberitahuan turut menjadi catatan Komisi II DPR pada simulasi kali ini. Ia meminta, pemilih yang menyalahgunakan formulir C6 ditindak.

“Cuma ada satu catatan yang kurang di dalam C6 itu. Peringatan terhadap masyarakat terkait dengan pidana yang akan dihadapi jika dia menyalahgunakan C6. Apakah dia memakai orang lain. Apakah dia menjual C6-nya. Itu kira-kira gambaran di lapangan,” tutur politikus Partai Demokrat (PD) ini.

Catatan berikutnya adalah formulir A5 untuk pemilih yang berasal dari luar domisili tempat pemungutan suara (TPS). Fandi menekankan estimasi waktu pencoblosan mengingat pemungutan suara harus dilakukan sebelum pukul 13.00 waktu setempat.

“Setelah pukul 12 bagaimana ini? Apakah cukup waktunya untuk sejumlah pindahan itu. Karena yang dicoblos kan sekarang lima. Perkiraan kita yang pukul 12.00, yang pindahan sama yang pakai e-KTP. Akan kita lihat cukup tidak waktunya sampai pukul 12.00-13.00 itu,” ujarnya.

Dalam simulasi tahap kedua ini, Fandi juga mengapresiasi perubahan terhadap formulir C7 yang KPU lakukan. Ia mengatakan, sebelumnya, C7 merupakan sesuatu yang tidak terbuka.

“Sekarang C7 sesuatu yang terbuka. Dan para pemilih harus menandatangani langsung,” tuturnya.

Seperti diketahui, KPU menggelar simulasi untuk Pemilu 2019 untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya, mereka sudah menggelar simulasi di Tangerang, Banten.

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu