Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalSolat Id di Sukabumi, Jokowi Pilih Naik Kereta. Nih Alasannya

Solat Id di Sukabumi, Jokowi Pilih Naik Kereta. Nih Alasannya

BOGOR DAILY- Presiden Joko Widodo () menceritakan alasannya mengapa memilih pergi ke Sukabumi untuk merayakan Idul Adha 1438 Hijriah dengan naik kereta api. mengaku ingin membangun kembali sejumlah infrastruktur transportasi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, termasuk jalur ganda kereta api.

“Kenapa saya ke Sukabumi naik kereta, karena akan dimulai pembangunan jalur kereta api doubletrack Bogor ke Sukabumi,” kata dalam sambutannya sebelum shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jumat, 1 September 2017.

Menurut Presiden , pembangunan doubletrack akan dimulai tahun ini dengan perkiraan dana sekitar Rp 400 miliar. Selain itu, pemerintah juga merencanakan merevitalisasi jalur kereta Sukabumi-Cianjur-Bandung pada 2019.

“Sehingga nantinya arus barang, mobilitas orang, baik dari bandara, baik dari Jakarta, baik dari Bogor ke Sukabumi ini akan semakin cepat. Sudah kita lihat sangat memungkinkan,” kata menjawab pertanyaan wartawan tentang rencananya itu di Masjid Agung Sukabumi.

Selain moda kereta api, pemerintah juga berencana membangun bandara perintis di Sukabumi.   menjelaskan, pemerintah lebih dulu mensurvei lokasi bandara yang tepat di Sukabumi. Namun, tindak menguraikan daerah mana yang akan disurvei.

Terkait dengan pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, menargetkan selesai pada 2 tahun mendatang. Rencana proyek jalur tol itu sudah sejak 1996, namun selalu terkendala. “Makanya tahun lalu saya putuskan diambil alih BUMN dan langsung dikerjakan saat itu,” kata .

menunaikan salat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka, Sukabumi. Setelah itu, Presiden menyerahkan sapi kurban seberat 1,4 ton kepada pengurus Masjid Agung Sukabumi. Jokowi diagendakan kembali ke Istana Presiden pada Jumat sore.