Tuesday, 19 March 2024
HomeKota BogorTersangka Gladiator Didampingi 13 Pengacara

Tersangka Gladiator Didampingi 13 Pengacara

BOGOR DAILY-Empat tersangka kasus duel ‘gladiator’ yang meenwakan Hilarius Christian Event Raharjo resmi ditahan. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 13 pengacara diturunkan dari Perhimpunan Advokasi Indonesia (Peradi) Cibinong Bogor untuk mendampingi pelaku, BV yang merupakan lawan Hilarius saat insiden maut terjadi 2016.

Kuasa hukum BV, Parsiholan mengatakan untuk membela BV pihaknya akan mendampingi dengan 13 pengacara lainnya yang tergabung dalam PBH Peradi Cibinong. Dan setiap ada pemeriksaan yang dilakukan kepada BV, ia mengaku akan mendampinginya. “Untuk saat ini hanya BV yang sudah menyediakan surat kuasa, untuk beberapa tersangka lainnya belum,” ujarnya kepada Metropolitan.

Kondisi BV pasca digelandang ke Mapolresta Bogor Kota, terlihat sehat namun karena usia BV yang baru meranjak dewasa ia memang sedikit manja dengan ibunya. Sehingga ia pun terus didampingi oleh pamannya ketika penangkapan di Sleman Yogjakarta. Dan ketika ditangkap pun BV sangat kooperatif. “Mulai dari awal dia mengikuti apa yang diminta oleh para penyedik dari Polresta ini, sehingga memudahkan penyidikan juga,” terangnya.

Ketika ditanya soal kejadian perkelahian ala Gladiator yang menewaskan Hila, Parsiholan mengaku bahwa BV sudah sedikit lupa atas kejadian tersebut. Hal itu karena kejadian tersebut sudah terjadi cukup lama, sehingga BV lupa-lupa ingat ketika ditanya penyidik.

Sementara itu Kapolresta Bogor Kombes Polisi Ulung Sampurna Jaya menjelaskan,pihaknya masih terus mencari motif peraturangn Gladiator tersebut. Terlebih dari beberapa tersangka ini merupakan para senior dari salah stau sekolah yang sebelumnya sudah pernah mengalami kejadian serupa. “Empat tersangka sudah ditahan. Kami masih dalami materinya, sehingga untuk sekarang belum diketahui motifnya apa,” paparnya.

Setelah menetapkan empat tersangka, pihaknya juga masih mengejar beberapa tersangka lainnya yang merupakan parasenior dari tempat sekolah BV. “Ada beberapa tersangka yang masih di kejar, dan beberapa tersanga yang kita kerja ini mempunyai peranan dalam duel gladiator ini,” kata dia.

Kasus duel gladiator ini juga menyita perhatian Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto. Petinggi di Polda Jabar itu angkat bicara soal duel gladiator yang menewaskan Hilarius Christian Event Raharjo di Bogor. Menurutnya, duel semacam itu tidak manusiawi.”Tentunya saya sangat prihatin dengan adanya fenomena bom-boman seperti itu,” ucap Agung

Dalam insiden maut yang terjadi pada 2015 itu, Hilarius dan BV terlibat duel. Praktik kekerasan itu malah ditonton oleh rekan-rekannya.”Fenomena budaya itu tentu sangat tidak manusiawi, sekali lagi tidak manusiawi. Diadu di depan teman-temannya,” katanya.