Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorWangi Harum Tercium dari Makam Ini Saat Dibongkar, Ini Kisahnya

Wangi Harum Tercium dari Makam Ini Saat Dibongkar, Ini Kisahnya

BOGOR DAILY- Makam Etong bin Asman yang berlokasi di RT 6/1 Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor membuat warga heran. Penyebabnya, makam yang usianya sudah puluhan tahun itu saat digali untuk dipindahkan oleh warga tercium wewangian yang cukup harum.

“Dari sekian banyak makam yang dipindahkan, saya baru satu menemukan makam yang wangi banget,” kata tokoh masyarakat Kampung Tenggek, H Syrojudin.

Lebih lanjut dia mengatakan, jasad almarhum Etong bin Asman memang hanya menyisakan tulang berulang sama halnya seperti ratusan jasad lainnya. “Kain kafannya mah sudah habis dimakan tanah, tapi tengkorak kepalanya masih utuh terus kapasnya juga masih ada dan wangi banget,” ungkapnya.

Menurutnya, kapas yang masih tersisa itu menempel dibagian tengkorak belakang kepala almarhum Etong bin Asman yang tidak lain masih ada hubungan keluarga dengannya. “Almarhum paman dari istri saya, tapi saya juga belum kenal sama almarhum. Karena saat saya menikah dengan istri saya, almarhum sudah meninggal dunia,” kata dia.

Ia pun menanyakan kepada kerabat serta saudara terkait semasa hidup alamarhum Etong bin Asman. Etong hanya dikenal sebagai orang yang tingkat kesabarannya cukup tinggi ketika menghadapi permasalahan dalam hidupnya.

“Kalau menurut keluarga dari istri saya, almarhum itu semasa hidupnya orangnya paling sabar banget, mungkin itu kelebihan yang jarang dimiliki orang lain,” terangnya.

Saat ini, jasad Etong sudah dipindahkan ke pemakaman umum yang berada di Kampung Tenggek RT 4/1 Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. ini karena lokasinya akan digunakan untuk proyek pembangunan Tol Bocimi.