Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorPembangunan Yayasan As Sunah Jonggol Mendadak Dihentikan

Pembangunan Yayasan As Sunah Jonggol Mendadak Dihentikan

BOGOR DAILY tempat ibadah dan lembaga pendidikan di Kampung Cigugur, RT 02/03, Desa Singajaya milik Yayasan As Sunah kini dihentikan oleh Polsek Jongol dan Pemerintah Desa.

Upaya itu menyusul penolakan masyarakat dari dua kampung di Desa Singajaya, yakni Kampung Peundeuy dan Kampung Cigugur.   gedung yang sudah sampai 30 persen berdiri ini tak lagi berlanjut. Penghentian itu, untuk mencegah tindak anarkis masyarakat yang menganggap ajaran yayasan itu bertentangan dengan faham dominan.

“Untuk kemaslahatan bersama, bangunan kami hentikan,” tukas Kapolsek , Kompol Agus Supriyanto.

Menurutnya, pemahaman yang dianut oleh penganut tertentu dalam yayasan, kerapkali berbenturan dengan adat keagamaan warga sekitar. Karenanya, aktivitas keagamaan yayasan ini sering kali menyulut emosi warga. “Saat ini sudah kondusif, dan tetap dalam pantauan kami,” pungkasnya.

Berdasarkan kepentingan Kamtibmas, pihaknya meminta agar tak dilanjutkan. Penghentian tersebut dilakukan hingga batas waktu yang tidak ditentukan . “Belum tahu hingga kapan. Yang pasti kami tunggu hingga kondusif,”tuturnya.

Upaya itu mendapat respons positif dari masyarakat. Ketua RW 03 M Sahroni mengaku lebih tenang dari sebelumnya. Mengingat, aktivitas yayasan itu telah mengecewakan perasaan warga sekitar. “Ketika mereka anggap ajaran guru-guru kami salah. Tentunya itu sangat menyakitkan hati kami. Bersyukur tempat itu sudah ditutup,” pungkasnya.

Menurutnya, jika tidak ada tindakan cepat dan tegas dari aparat, akan terjadi hukum rimba yang dilakukan warga. “Selama ini para tokoh kesulitan menahan warga. Alhamdulillah warga tidak sampai anarkis,” pungkasnya.