Friday, 19 April 2024
HomeNasionalCatat! Mulai 14 Oktober Pantai Ancol Dibuka Gratis

Catat! Mulai 14 Oktober Pantai Ancol Dibuka Gratis

BOGOR DAILY- Masuk dengan tinggal menghitung hari. Kebijakan itu menghapus tarif berbayar hanya untuk menikmati desiran angin pantai Jakarta yang telah diterapkan puluhan tahun.

Saat ini, masuk dikenakan karcis Rp 25 per orang. Sedangkan parkir dikenakan biaya Rp 25 ribu per kendaraan dan sepeda motor Rp 15 ribu per kendaraan. Sebagai contoh, bila satu keluarga (ayah, ibu dan 1 anak) menggunakan sepeda motor, maka minimal ia harus membayar Rp 90 ribu. Mahal atau murah?

Berikut perjalanan menuju tarif masuk yang dirangkum, Rabu (4/10/2017):

1960
Presiden Soekarno bermimpi warga Jakarta memiliki pantai yang nyaman.

“Bukan untuk satu atau dua tahun ke depan, tapi 50 atau 100 tahun ke depan. Bagaimana kamu bisa memberikan tempat yang bisa membahagiakan rakyat Jakarta agar penduduknya menikmati hawa segar laut, bisa melihat cerianya anak-anak bermain di pantai, ditingkahi debur ombak, dan tiupan angin yang semilir,” kata Soekarno kepada Gubernur Soemarno.

23 Desember 1960
Soekarno mengeluarkan PP Nomor 51 Tahun 1960 tentang Peruntukan dan Penggunaan Ancol.

1964-1967
Pembangunan mulai terkendala finansial. Akhirnya PT Pembangunan Jaya masuk ikut membangun dengan sejumlah kompensasi.

1974
dibuka untuk umum. Semenjak itu, warga Jakarta yang mau berenang di pantai atau sekedar menikmati angin sepoi-sepoi harus membayar ke pengelola.

2012
Tiga warga Jakarta Ahmad Taufik, Abdul Malik Damrah, dan Bina Bektiati menggugat pengelola untuk mau menggratiskan Pantai Ancol. Alih-alih mendapat tanggapan bagus, ketiga warga itu malah digugat balik oleh pengelola sebesar Rp 1,5 miliar.

26 Februari 2013
Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menolak gugatan tiga warga tersebut.

28 Agustus 2017
Mendagri Tjahjo Kumolo meminta Pantai Ancol , tanpa dipungut biaya.

“Kami ingin banyak area publik di DKI ini bisa bebas. Masak hanya di Kalijodo saja? Harusnya masuk Ancol bebas, masak mau mandi di pantai bayar?” ujar Tjahjo.

3 Oktober 2017
Gubernur rapat dengan BUMD dan hasilnya Pantai Ancol akan diuji coba sejak 14 Oktober 2017.

“Ini ada direksi Ancol, saya bilang dikaji betul kebijakan kita membebaskan pengunjung Ancol. Saya minta tanggal 14 Oktober uji coba dimulai. untuk orang yang masuk, tapi kendaraan tarif parkirnya progresif,” kata Djarot.