Hamilton Kunci Gelar Juara Dunia Formula 1 - bogordaily.net
SPORT

Hamilton Kunci Gelar Juara Dunia Formula 1

BOGOR DAILY-Lewis Hamilton mengunci gelar juara dunia Formula One (F1) musim 2017 usai menyelesaikan balapan di Seri Meksiko, Senin (30/10) dini hari WIB.

Pembalap Mercedes AMG itu sebenarnya cuma finis di posisi kesembilan di Sirkuit Autdromo Hermanos Rodrguez. Namun, tambahan dua angka sebagai ganjaran menempati posisi kesembilan sudah cukup bagi Hamilton untuk mengamankan peringkat pertama klasemen hingga musim 2017 selesai.

Hal itu karena pesaing terdekatnya, driver Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel tak sanggup mencapai posisi podium dengan finis di peringkat keempat pada race Meksiko. Vettel harus rela cuma mendapat tambahan 12 angka sebagai ganjaran finis di peringkat keempat.

Atas hasil dari balapan ke-18 itu, kini Hamilton punya koleksi 333 angka, unggul 56 poin dari Vettel di posisi kedua. Dengan musim ini hanya menyisakan dua race, 50 angka yang akan diperebutkan dari seri Brasil dan Abu Dhabi bulan depan sudah tak berpengaruh lagi.

Adapun, podium pertama di race ini disabet oleh pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen. Di belakang Verstappen, rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas menempati posisi kedua. Sedangkan podium ketiga diraih oleh pembalap Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen.

Keberhasilan Hamilton merengkuh gelar juara dunia F1 ini jadi yang keempat dilakukan oleh joki jet darat asal Inggris tersebut. Sebelumnya, Hamilton meraih gelar juara dunia pada musim 2008, 2014, dan 2015.

Jalannya race

Insiden menimpa dua pembalap yang sedang memperebutkan titel juara musim 2017, yakni Lewis Hamiton dari tim Mercedes AMG dan Sebastian Vettel dari tim Scuderia Ferrari pada lap pertama. Race baru dimulai, mobil yang dikendarai Hamilton ditabrak oleh Vettel.

Ban belakang mobil Hamilton rusak sementara bagian depan jet darat Vettel hancur. Keduanya langsung masuk ke pit stop untuk mengganti suku cadang masing-masing pada lap kedua

Akibatnya, Vettel yang mengawali race dari posisi pertama anjlok ke peringkat ke-16. Sedangkan Hamilton, memulai balapan di peringkat ketiga harus turun ke posisi buncit.

Di saat yang sama, pembalap Redbull Racing, Max Verstappen mengambil keuntungan dengan memimpin race di posisi pertama.

Dalam perjalanan balapan, Hamilton sukses merangsek ke posisi kesembilan. Dan di saat sama, Vettel bisa bersaing untuk mendapatkan posisi terdepan. Sayang, Vettel kehabisan waktu untuk bisa menyelesaikan balapan di posisi ketiga. Hingga 71 lap selesai, Vettel tak mampu merangsek lagi untuk memperpanjang nafasnya dalam perebutan gelar juara dunia 2017.

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu