Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorIni 'Wisata Jaman Now' di Suaka Elang Loji

Ini ‘Wisata Jaman Now’ di Suaka Elang Loji

BOGOR DAILY-Berada di kaki Gunung Salak, Suaka Elang Loji adalah salah destinasi yang menjadi surga para penikmat wisata outdoor. Selain alam yang masih asri, di sini juga terdapat penakaran burung elang. Tempata wisata ini lagi ngheits dan termasuk ‘' yang digandrungi.

Berlokasi di Kampung Loji, Desa Cibaruyut, Kecamatan Cigombong, akses menuju lokasi ini cukup mudah. Dari jalan besar, pelancong akan disambut papan petunjuk.

Setelah melalui jalan menanjak, pengunjung akan memasuki kawasan Perhutani. Jika akhir pekan, lokasi ini nyaris dibanjiri wisatawan. Bila membawa kendaraan pribadi, dikenakan tarif Rp10 ribu. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin mendirikan tenda, cukup membayar Rp25 ribu per malam.

Dari sebuah lapangan datar, pengunjung harus menempuh perjalanan 1,5 kilometer. Selama rute terjal nan sempit itu, mata dimanjakan suasana alam nan hijau.

“Kami penasaran karena memang lokasi ini belum banyak diketahui orang,” ujar salah satu pengunjung, Bustomi (20).

Sementara itu, Kepala Desa Cibaruyut  Gina Garmina menuturkan, Suaka Elang Loji tak hanya favorit bagi pencinta alam. Ada juga keluarga yang datang untuk berkemah. “Banyak  karena di sini mulai ramai,” ucapnya.

Hanya saja, keindahan alam Suaka Elang Loji belum mendapat perhatian Pemkab Bogor. Menurut Tokoh Masyarakat Cibaruyut Uut (62), pengelolaan parkir  dan akses jalan dibuat warga sejak 2016 lalu.

Entah mengapa pemerintah tak melirik lokasi ini menjadi objek wisata. “Selama ini kami berharap ekonomi warga berkembang,” ungkapnya.

Di lokasi ini juga ada 13 rumah yang berjualan. Kata dia, warga melayani semua pengunjung 24 jam. Meskipun tengah malam, pemilik warung dengan senang hati membukakan pintu.

“Untuk ke sini syaratnya mudah, Kami himbau kepada yang datang tidak membuang sampah dan mambawanya pulang. Kalau melanggar akan ditindak,” tegasnya