Izin Bodong, Satpol PP Awasi Proyek Transmart Yasmin - bogordaily.net
BOGOR CITY

Izin Bodong, Satpol PP Awasi Proyek Transmart Yasmin

BOGOR DAILY- Selangkah lagi Satpol PP Kota Bogor bakal menyegel  pusat perbelanjaan Transmart di Jalan KH Abdullan bin Nuh, Kecamatan Tanahsareal. Meskipun sudah tidak ada aktivitas pembangunan, namun para penegak perda itu bakal mengawasinya setiap hari.

Kepala Bidang Penegak Perda Satpol PP Kota Bogor, Dani Suhendar mengatakan, pihaknya mengawasi ketat Transmart karena tidak boleh ada aktivitas apapun disana. “Kita awasi setiap hari, sampai saat ini tidak ada aktifitas apapun disana menyangkut pembangunan,” ujar Dani, kemarin.

Kalaupun pihak Transmart tidak kooperatif dan ngotot tetap melakukan kegiatan pembangunan, pihaknya segera menyegel. Saat ini Satpol PP sudah melayangkan Surat Peringatan (SP) ke-2 kepada Transmart, memang berdasarkan aturan bahwa harus dilalui dulu hingga SP3, surat pemberitahuan penyegelan, baru bangunan itu disegel. Tetapi kalau memang pihak Transmart membandel, tak butuh semua proses itu maka akan langsung disegel.

“Langkah penyegelan siap dilakukan, namun pihak Transmart saat ini kooperatif dan sedang memproses perizinannya. Jadi kita akan tunggu, apakah benar perizinan sedang diurus. Sementara di lapangan tetap kita awasi agar tidak ada aktivitas pembangunan,” jelasnya.

Terkait masalah perizinan, Dani menambahkan, sampai saat ini belum ada informasi dari DPMPTSP Kota Bogor, sudah sampai di mana proses kepengurusannya. “Kita belum dapat informasi. Jadi, silahkan ditanyakan ke bagian perizinan, sudah sampai dimana kepengurusannya itu,” ucapnya.

Sementara itu, pembangunan Transmart ini dilakukan PT Trans Retail Indonesia. Selain di Bogor, ada 29 lokasi lainnya yang akan dibangun sepanjang tahun ini. Tiga puluh gerai baru anak usaha Trans Retail tersebut di antaranya tersebar mulai dari Pulau Sumatera hingga Sulawesi.

“Untuk transmart yang baru buka di 2017 ada 30 toko yang kita rencanakan. Dan 2018 juga ada 30 toko. Ini semua tersebar di Jawa dan luar Jawa,” kata Corporate Communication GM Transmart Carrefour, Satria Hamdi pada Januari lalu.

Dari 30 gerai baru tersebut nantinya juga akan dilengkapi bioskop dari CGV Cinemas. Untuk tahap pertama sepanjang 2017 ini, 8 dari 30 gerai baru tersebut akan dilengkapi oleh CGV Cinemas. Dengan makin banyaknya dibuka Transmart akan mampu menyediakan lebih banyak lapangan pekerjaan di daerah sehingga diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Yang pasti kami yakin dengan target kami 30 toko ini akan tercapai hingga akhir tahun. Dan dengan adanya Transmart di daerah tersebut, bisa meningkatkan pendapatan ekonomi daerah, selain penyerapan tenaga kerja secara padat karya,” ujarnya.

Sebelumnya, rencana pembangunan Transmart sudah ditentang sejumlah pihak. Pada Februari lalu, keberadaan supermal itu diprotes Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bogor Zentoni. Menurut dia, kegiatan pembangunan pusat Transmart Carrefour atas nama Johanes Karundeng akan menimbulkan banyak dampak negatif. Salah satunya kemacetan lalu lintas yang semakin parah di wilayah tersebut.

“Nantinya hanya akan memperparah kema­cetan. Kalau soal pusat perbelanjaan, di lokasi itu kan sudah ada Lotte Mart,” ujarnya.

LBH Bogor sampai harus melakukan somasi kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor lantaran adanya iklan pemberitahuan studi amdal. Sementara falam penelusuran di internet, pembangunan Transmart sudah dimulai sejak April lalu. Pada 17 April 2017, pengelola menggelar acara grounbreaking dengan ritual pemecahan kendi di lokasi proyek. Namun setelah lima bulan membangun baru ketahuan jika Transmart belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

 

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu