Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorJalur Bocimi Lumpuh

Jalur Bocimi Lumpuh

BOGOR DAILY-Jembatan Cisadane di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dibongkar. Akibat perbaikan jembatan ini, arus lalu lintas di ruas Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) macet parah.

Kemacetan panjang disebabkan karena satu lajur jalan digunakan secara bergantian. Kondisi ini sudah berlangsung sejak dimulainya proyek jembatan pada awal September. Pantauan di lokasi, antrean kendaraan akibat pembongkaran jembatan ini mencapai tujuh kilometer. Dari arah Jakarta, kemacetan mulai terpantau dari Simpang .

Sementara dari arah Sukabumi, antrean kendaraan sudah nampak sejak di depan Pasar Cigombong, yang berbatasan dengan Sukabumi.

Suprianto, warga Cisaat, Sukabumi mengaku dampak pembangunan jembatan bukan hanya menyita waktu, namun membuat biaya operasional pengiriman sayuran membengkak. Kemacetan juga memengaruhi staminanya.

“Lama di jalan jadi sudah lelah duluan. Biaya bensin dan makan juga bertambah,” kata Suprianto.

Kemacetan parah juga sangat mengganggu aktivitas warga sekitar. Anak sekolah maupun warga Sukabumi yang bekerja di Bogor maupun sebaliknya kerap terlambat beraktivitas.

“Tiap hari dari pagi sampai malam lalu lintas di sekitar lokasi sangat kacau, kadang jalur terkunci,” ungkap Asnawi.

Selama ini pihak kepolisian juga tidak bisa berbuat banyak mengatasi kemacetan yang sudah berlangsung lebih dari satu bulan di .

“Karena sistem buka tutup otomatis terjadi antrean. Pengendara motor juga tidak mau bersabar, nerobos jalur jadi bikin macet,” terang Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama.

Saat ini jalan yang disediakan hanya untuk satu kendaraan. Seharusnya dipasang jembatan bailey supaya kendaraan dapat melintas dari dua arah sehingga dapat mengurangi kemacetan.

“Informasi terakhir pemerintah sudah siapkan lahan untuk pasang jembatan bailey. Kami minta secepatnya dipasang,” kata Hasby.

Proses pembangunan jembatan Cisadane akan berlangsung selama 4 bulan, terhitung mulai awal September. Saat ini baru memasuki tahapan pembongkaran badan jembatan.