Friday, 29 March 2024
HomeBerita"Menafkahi Tak Harus Menikahi" Jadi Motto Lelaki 1000 Janda

“Menafkahi Tak Harus Menikahi” Jadi Motto Lelaki 1000 Janda

BOGOR DAILY-Lelaki 1.000 , itulah julukan yang diberikan kepada Roel Mustafa (39), lelaki asal Depok, Jawa Barat. Julukan itu bukan sembarang saja diberikan kepada lelaki bertubuh gempal itu.

Mustafa saat ini memang tengah ‘memburu' 1.000 untuk diajak bertemu, bercanda dan tertawa bersama. Dia ingin membagi kebahagiaan kepada para .

yang dicari Mustafa bukan sembarang , ada kriteria khusus yang harus dipenuhi agar tersebut bisa dijumpai oleh Mustafa. Dari 1.000, Mustafa baru bertemu dengan 300 . Mereka yang sudah bertemu dengan Mustafa mengungkapkan perasaan bahagia dan berharap akan bertemu kembali dengannya.

yang ditemui Mustafa adalah mereka para lansia yang butuh bantuan dan dukungan.

“Targetnya 1.000 , sekarang masih di angka 300. Nah, yang saya asuh usianya di atas 65 tahun bukan janda muda,” kata Mustafa.

Para janda itu tidak butuh alat makeup. Mereka hanya butuh bantuan sembako dan juga perhatian dari orang-orang di sekitar.

“Mereka tidak butuh gincu, mereka juga nggak butuh makeup, mereka hanya butuh beras, butuh sembako. Tapi ketika kita dateng ke rumahnya, kita ajak becanda, kita ajak ngobrol, mereka bahagia, mereka senang,” ucap Mustafa.

Pencarian 1.000 Janda ini sebenarnya sudah dilakukan sejak satu tahun terakhir. Awalnya Mustafa terdorong oleh kebiasaan ibunya yang juga janda. Ibunya seringkali memasak makanan lebih banyak agar bisa dibagikan kepada rekannya yang sama-sama janda.

Ketika ibunya meninggal, Mustafa berpikir bahwa janda-janda teman ibunya itu tidak ada lagi yang membantu. Akhirnya dia mulai mendatangi para janda sambil memberikan bantuan.

“1.000 Janda ini sebenarnya aktivitas saya secara pribadi. Awalnya memang memang menggunakan uang pribadi saya, tapi sekarang karena sudah banyak janda-jandanya, jadi polanya akhirnya pemberdayaan, dan sekolah relawan ikut campur,” ucap pengusaha restoran ini.

Janda ‘milik' Mustafa ini bukan hanya ada di Depok. Mereka berada di daerah Lampung, Nganjuk, Surabaya, Semarang, dan dan daerah di Jabodetabek. Mustafa bersama dengan para relawan mengunjungi mereka sambil membawa bantuan dan bercengkrama bersama.

Mustafa mencari janda dengan niat ingin meringankan beban para janda yang harus berjuang hidup di usia senja tanpa suami pendamping.

“Tujuannya kan bukan syahwat. Bagaimana kalau nanti sendirian, jadi janda nggak ada yang menemani, yang merawat,” ucap pria beranak satu ini.

Kebahagiaan dan senyuman para janda menjadi vitamin bagi Mustafa. Janda renta dengan kulit keriputnya dan untaian doa dari mereka.

“Yang kita dapatkan keberkahan dan bahagia kan. Bisa didoakan, bisa melihat mereka enggak harus lagi di jalanan, kerja banting tulang,” ucapnya.