Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaMulai 25 November, Kereta Bandara Dilengkapi Wifi Gratis

Mulai 25 November, Kereta Bandara Dilengkapi Wifi Gratis

BOGOR DAILY- Soekarno-Hatta sebentar lagi berope­rasi. Pada 25 November nanti, ini akan melayani penumpang dari Manggarai hingga Bandara Soekar­no-Hatta.

PT Railink, operator ke­reta bandara, mengklaim seluruh persiapan sudah selesai dilaksanakan dari sarana dan prasarana hingga infrastruktur penunjang ope rasional . ­ Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto menjelaskan, sepuluh rangkaian kereta yang disiapkan untuk kereta ban­dara akan tiba di Jakara akhir bulan ini. Sehingga untuk sarana dipastikan tak ada ken­dala. “Sudah siap kok, akhir bulan ada semua (10 kereta, red). Sekarang yang sudah datang baru enam kereta,” katanya.

Setiap rangkaian terdiri dari enam kereta dengan kapasitas 272 penumpang dan semua penumpang dipastikan duduk, tidak ada yang berdiri. Semen­tara delapan trainset lainnya sedang dalam proses pengujian.

Heru menjelaskan, setelah selesai pengujian maka akan segera beroperasi. Sedangkan untuk tiket, kereta api bandara tersebut dibanderol dalam ki­saran Rp100-Rp150 ribu. Sistem ticketing Soe­karno-Hatta adalah cashless.

Maksudnya, tidak ada trans­aksi tunai di stasiun. Untuk pembelian tiketnya dapat dila­kukan melalui tiga jaringan, yakni internet booking, apli­kasi mobile dan vending mach­ine. Sedangkan pembayaran tiketnya, Railink tidak mengelu­arkan kartu khusus seperti kartu multitrip commuter line.

Fasilitas yang ditawarkan pun tergolong premium. Mulai dari tempat duduk yang nya­man, full AC, Wi-Fi high speed sampai fasilitas toilet mirip di pesawat. Waktu tempuhnya pun relatif cepat, diperkirakan hanya menempuh waktu 55 menit dari Stasiun Manggarai.

Perlu diketahui, kereta ban­dara akan beroperasi dengan rute melewati lima stasiun. Lima stasiun tersebut yaitu Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Stasiun Batu Ceper, Stasiun Duri, Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Manggarai. “Tujuan adanya kereta ban­dara ini untuk mempermudah akses menuju atau keluar ban­dara,” ujarnya