Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorOktober, Bus Premium Mal ke Mal Ujicoba di Kota Bogor

Oktober, Bus Premium Mal ke Mal Ujicoba di Kota Bogor

BOGOR DAILY-Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebutkan uji coba Bogor-Jakarta segera diujicobakan pada Oktober ini. “Belum dipastikan harinya, secepatnya dalam satu bulan ini diujicobakan,” kata Bima, Jumat (20/10).

Rencana pengoperasian Bogor-Jakarta telah dibahas oleh Pemerintah Kota Bogor bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Selasa (17/10) kemarin di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut dibahas rencana teknis pengoperasian yang akan menggunakan jalur khusus. Bus akan beroperasi dari pusat Kota Bogor menuju pusat kota Jakarta.

Waktu tempuh bus lebih cepat karena menggunakan Jalur Khusus Angkutan Umum (JKAU) di jalan tol, dan harga tiket yang lebih terjangkau. “Tarifnya belum diputuskan, besok akan ada pembicaraan lagi. Rencana Menhub akan ke Bogor,” kata Bima.

Menurut Bima, ditujukan untuk masyarakat kelas perkantoran yang saat ini membutuhkan akses transportasi yang cepat, nyaman dan aman. Apalagi, kereta api kini semakin padat.

Ia mengatakan kehadiran sejalan dengan program pembangunan Kota Bogor. Secara tidak langsung, ini bentuk implementasi salah satu dari enam misi Kota Bogor dalam menangani masalah transportasi.

“Saya meminta kepada pihak terkait untuk segera dikoordinasikan agar bus segera diluncurkan,” kata Bima.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Bogor Erna Hernawati menjelaskan rute yang akan diujicobakan terlebih dahulu dari mal-to-mal. “Uji coba di Kota Bogor dimulai dari Mal Botani Square, menuju Jakarta di kawasan Senayan,” kata Erna.

Ia menambahkan ada tiga bus yang akan diujicobakan. Terlebih dahulu BPTJ akan bekerja sama denban pihak Botani Square.

Bogor-Jakarta merupakan program dari BPTJ. Selain Bogor, bus tersebut telah lebih dulu  dioperasikan pada bulan September 2017 lalu.