Friday, 29 March 2024
HomeNasionalViral! Pengendara Tolak Bayar Pakai E-Toll, Nih Videonya

Viral! Pengendara Tolak Bayar Pakai E-Toll, Nih Videonya

BOGOR DAILY- Gerbang tol di Indonesia secara bertahap sudah menerapkan pembayaran nontunai, namun masih ada pengendara yang ngeyel tetap mau bayar tunai saja. Salah satunya seperti terlihat di video yang sedang viral ini.

Video yang beredar di Facebook, Twitter, maupun WhatsApp grup ini tampak direkam dari mobil yang melintas di gerbang tol. Saat tiba di gerbang dengan petugas, pengendara mobil menyerahkan uang tunai. Si petugas kemudian mengingatkan bahwa pembayaran tol kini hanya bisa menggunakan kartu .

“Nggak punya kartu, bang. Nggak ada kartu. Maunya bayar cash,” kata pengendara.
“Sudah nggak terima cash lagi,” jawab petugas tol.

Petugas menjelaskan bahwa gerbang tol itu sudah tidak menerima uang tunai sejak dua pekan sebelum video direkam. Pengendara mendebat bahwa seharusnya penerapan baru berlaku 1 Oktober.

“1 Oktober itu skala ,” kata petugas.

“Oh ini bukan ? Sini nggak ikut ?” ucap pengendara mobil.

Pengendara mobil tersebut masih berkukuh hanya ingin membayar tunai. Petugas kemudian meminta pengendara mobil mundur saja dan tidak lewat tol apabila hanya mau membayar tunai. Tapi pengendara menolak.

“Nggak mau, kita maunya tunai. Abang nggak mau nerima rupiah? Ini pembayaran sah ini bang,” ujar pengendara mobil.

“Rupiah-nya sah, tapi di sini berlaku tidak terima tunai,” jelas petugas tol.

“Jadi abang nggak mau terima Rupiah?” tanya pengendara.

“Terima, tapi nggak berlaku di sini,” jawab petugas tol.

“Nggak berlaku? Ini bukan di Indonesia? Kalau Indonesia, masih mengakui Rupiah, diterima itu bang,” ujar pengendara mobil.

“Ngomong Pak Jokowi aja deh,” jawab petugas tol.

Di video itu, terdengar suara klakson dari belakang si pengendara mobil yang berdebat di gardu tol ini. Pengendara mobil tetap menolak untuk mundur ataupun membayar nontunai dan tetap mendebat petugas tol. Petugas tol tersebut tampak beberapa kali tersenyum saat meladeni ucapan pengendara mobil.

Seorang satpam kemudian tampak menghampiri gardu tol itu. Si pengendara tetap berkukuh bahwa peraturan pembayaran tol wajib nontunai baru berlaku 1 Oktober.

“Kebijakan Jokowi itu baru 1 Oktober, abang jangan ngarang-ngarang,” ucap pengendara mobil.

Suara klakson terdengar makin bersahut-sahutan. Hingga akhirnya pengendara mobil itu membayar ke satpam dan satpam itu yang menyentuhkan kartu ke mesin. Perdebatan di gardu tol di video itu sendiri memakan waktu 3 menit 20 detik.

Nih Videonya:

https://www.youtube.com/watch?v=DO_LyklS0xM