Friday, 19 April 2024
HomeNasional7 Kali Dikabarkan Pulang, Habib Rizieq Beneran Ikut Reuni 212?

7 Kali Dikabarkan Pulang, Habib Rizieq Beneran Ikut Reuni 212?

BOGOR DAILY-Sudah hampir delapan bulan Imam Besar FPI Syihab belum kunjung pulang ke Indonesia. Selama waktu itu pula beberapa kali dikabarkan akan kembali ke tanah air. Ada sejumlah alasan yang membuat belum kembali.

Rizieq pergi ke Arab Saudi untuk melaksanakan umrah pada akhir April 2017 lalu. Pada waktu itu, rencananya pihak kepolisian akan memeriksa Rizieq terkait kasus ‘baladacintarizieq'. Sebab umrah, polisi menunda pemeriksaan dan menunggu sampai ia pulang ke Indonesia.

“Kembali kita periksa. Kembali dari umrah yang bersangkutan. Mungkin tanggal 5-6 (Mei),” kata Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan di eks Senayan Golf Driving Range, GBK, Jakarta Selatan, Senin (1/5/2017).

Setelah berangkat ke Saudi, tercatat beberapa kali Rizieq dikabarkan akan kembali pulang ke Indonesia. Berikut rangkumannya:

1. Sempat ke Malaysia Usai Pulang Umrah, akan Pulang (12 Mei 2017)

Tim Kuasa Hukum GNPF, Kapitra Ampera pada Jumat (12/5) menyebut Rizieq mampir ke Malaysia selepas pulang umrah. Keberadaannya di Malaysia untuk menyelesaikan program doktor di salah satu universitas di Malaysia.

Rizieq sedang menemui promotor studinya. Kapitra mengatakan Rizieq akan pulang tanpa perlu dijemput paksa.

“Tentang , Habib sekarang lagi di Malaysia. Lagi menyelesaikan program doktornya,” ujar Kapitra di Masjid Al-Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (12/5/2017).

Dia pun memastikan Rizieq akan segera pulang ke Indonesia. Kapitra juga memastikan Rizieq akan datang dan memenuhi panggilan polisi.

“Dia gentleman, dia strongman. Dia pasti datang asalkan jelas perbuatan yang dituduhkan ke dia. Dugaan perkaranya juga. Orangnya (Rizieq) tidak ada di Indonesia, orangnya kemarin dipanggil lagi ibadah. Sekarang lagi selesain disertasinya. Nanti juga pulang. Nggak dipanggil paksa minggu depan juga pulang,” ujar Kapitra.

2. Dari Malaysia, Kembali Lagi ke Saudi (15 Mei 2017)

Imam besar FPI Syihab terbang lagi ke Arab Saudi setelah mampir ke Malaysia seusai umrah. Sugito Atmo Pawiro selaku kuasa hukum Rizieq mengungkap alasan kliennya balik lagi ke Arab.

“Tapi sekarang katanya dari Humas Mabes Polri atau Humas Polda menyebutkan bahwa akan mengajukan ke Interpol untuk mengajukan red notice. Kalau Malaysia itu kan ada kerja sama, mungkin Habib akan mencari tempat yang di mana di situ tidak ada kerja sama untuk Interpol. Di Saudi kan nggak ada kerja sama Interpol,” jelas Sugito.

Sugito meyakinkan bahwa kliennya pasti kembali ke Tanah Air. Namun Sugito belum bisa memastikan kapan Rizieq akan kembali.

“Saya belum dapat informasi kapan Habib akan pulang, tadinya Senin ini dia mau pulang. Tapi setelah melihat suasananya semakin tidak kondusif, tidak terkendali, oh ini ada rekayasa, Habib memutuskan menunda pulang, mungkin lo, ya,” sambungnya.

3. Pengacara: Akan Pulang Usai Ramadan (31/5/2017)

Pengacara Syihab, Kapitra Ampera mengatakan kliennya akan pulang ke tanah air usai Ramadan meski berstatus sebagai daftar pencarian orang (DPO). Pada waktu itu, Rizieq dikabarkan tengah fokus beribadah di tanah suci.

“Sebentar lagi Ramadan dia pulang kok, abis Ramadan dia pasti pulang kok, kan hidupnya di sini,” ujar pengacara Habib Rizieq Syihab, Kapitra Ampera saat dikonfirmasi detikcom Rabu (31/5/2017) malam.

Kapitra enggan menyebutkan tanggal pasti soal kepulangan Rizieq ke Tanah Air. Namun pihaknya memastikan bahwa Rizieq akan pulang.

4. Habib Rizieq akan Pulang ke Indonesia 17 Ramadan (3 Juni 2017).

Imam besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Syihab dikabarkan akan segera pulang ke Tanah Air pada 17 Ramadan atau 12 Juni.

“Ya, mungkin beliau akan pulang tanggal 17 Ramadan,” kata juru bicara DPP FPI Slamet Maarif saat dikonfirmasi, Sabtu (3/6/2017).

Slamet mengatakan tidak ada permintaan khusus dari Habib Rizieq kepada pihak kepolisian terkait kepulangan ini. “Nggak ada,” ujarnya.

5. Batal ke Indonesia 17 Ramadan, Habib Rizieq Lebaran di Saudi (26 Juni 2017)

Tersangka kasus percakapan via WhatsApp berkonten pornografi, Habib Rizieq Syihab urung pulang ke Indonesia dari jadwal semula pada 12 Juni mendatang atau 17 Ramadan.

“Lebaran tetap di Arab Saudi,” kata Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro, Sabtu (24/6/2017).

Rizieq tak sendirian merayakan Lebaran di Arab Saudi. Sugito mengatakan keluarga Rizieq telah berada di Saudi dan berkumpul bersama merayakan Idul Fitri.

“Ada keluarga semua di sana. Semuanya. Menantu, ramai-ramai. Ada anak-anak juga,” kata Sugito.

6. Habib Rizieq Rencana Pulang ke Indonesia Sebelum 17 Agustus (24 Juli 2017)

Habib Rizieq Syihab berencana pulang ke Indonesia pada Agustus 2017. Ia ingin menghadiri perayaan hari lahir Front Pembela Islam (FPI) pada 17 Agustus nanti.

“Ada keinginan untuk pulang, kalau bisa sih sebelum tanggal 17 Agustus agar bisa ikut milad FPI yang ke-19,” kata kuasa hukum FPI Sugito Atmo Pawiro, Senin (24/7/2017).

Namun, lanjut Sugito, pihaknya akan mencoba berkomunikasi lebih dulu dengan kepolisian agar kasus yang menjeratnya dihentikan. Dia berharap ada solusi terbaik antara pihak Rizieq dan kepolisian sebelum kepulangan tersebut.

“Jadi ingin ikut milad, kita kan lagi coba komunikasi ke polisi agar kasus tak dilanjutkan. Bukan rekonsiliasi, paling tidak ada win-win solution yang baik. (Kasus) ini kan lemah secara hukum, paling tidak di-SP3,” ujarnya.

7. Reuni Alumni 212, Habib Rizieq Dijadwalkan Datang (26/11/2017)

Presidium alumni 212 akan melakukan reuni aksi pada Sabtu, 2 Desember 2017, di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Dalam kegiatan ini Habib Rizieq Shihab dijadwalkan akan hadir.

“Iya pagi ini saya komunikasi dengan Habib Rizieq, dan Habib Rizieq minta saran saya apakah datang atau tidak, saya bilang harus datang. Datang ke Indonesia, insyaallah,” kata Pengacara Habib Rizieq, Kapitra Ampera, Minggu (26/11/2017).