Tuesday, 16 April 2024
HomeBeritaIndonesia Kalah Telak dari Malaysia

Indonesia Kalah Telak dari Malaysia

BOGOR DAILY-Tim nasional Indonesia menelan kekalahan telak dari Malaysia di laga terakhir kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Garuda Muda takluk 1-4.

Di Paju Public Stadium, Senin (5/11/2017) pagi WIB, Indonesia tertinggal 1-2. Muhammad Hadi Fayyadh (7) dan Muhammad Akhyar Abdul Rasyid (34) pencetak gol Malaysia, yang dibalas oleh Hanis Saghara (43).

Malaysia tancap gas lagi pada awal babak kedua. Muhammad Akhyar Abdul Rasyid melakukan tendangan dari dalam kotak penalti, yang bisa diblok Muhammad Rifad Marasabessy.

Malaysia bisa menambah gol pada menit ke-47. Shivan Pillay Asokan yang menciptakan gol itu lewat sundulan meneruskan bola tendangan sudut.

Tiga menit kemudian, Malaysia kian tak terkejar. Muhammad Luthfi melakukan pelanggaran pada Akhyar di dalam kotak penalti, hingga menunjuk titik putih. Fayyadh bisa menceploskan bola ke dalam gawang. Malaysia unggul 4-1.

Indonesia memasukkan Saddil Ramdani pada menit ke-60 untuk menambah daya serang. Dia menggantikan Feby Eka Putra. Egy Maulana Vikri sudah masuk sejak babak kedua menggantikan Witan Sulaeman.

Hanis Saghara, yang kesulitan menembus pertahanan Malaysia, frustrasi. Tendangan spekulasinya pada menit ke-69, jauh dari gawang Malaysia. Sama halnya dengan tembakan jarak jauhnya dua menit berselang.

Tendangan bebas, Saddil pada menit ke-75 masih belum membuahkan hasil. Bolanya masih bisa diantisipasi oleh kiper Malaysia, Muhammad Azri Ghani. Azri kembali melakukan penyelamatan beberapa saat setelahnya, dengan menghalau tendangan Firza Andika.

Egy mendapatkan peluang di menit ke-80. Tapi, tendangan jarak jauhnya masih aman dipelukan Azri.

Hingga pertandingan selesai, Indonesia tak bisa menambah gol. Tim asuhan Indra Sjafri itu harus mengakui kemenangan Malaysia dengan skor 1-4.

Dengan kemenangan ini, Malaysia untuk sementara memuncaki Grup F dengan raihan sembilan angka. Sementara itu, Indonesia ada di posisi ketiga dengan raihan enam poin. Malaysia masih harus menghadapi Korea Selatan pada pertandingan terakhir mereka.

Susunan Pemain

Malaysia: Azri, Shivan, Anwar, Nabil (Tasnim 82), Syaiful, Nurfais (Zhafir 69), Nik Akif (Iskandar 88), Thivandaran, Ammar, Fayyadh, Akhyar

Indonesia: Rossy, Marasabessy, Firza, Nurhidayat, Kadek Raditya, Luthfi (Abimanyu 55), Iqbal, Asnawi, Feby (Saddil 60), Witan (Egy 46), Hanis