Friday, 29 March 2024
HomeBeritaIsu Bandara Soetta Dijual Mencuat, Menhub Kontak Rizal Ramli

Isu Bandara Soetta Dijual Mencuat, Menhub Kontak Rizal Ramli

BOGOR DAILY-Mantan Menko Maritim kembali mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Dia menyinggung ihwal rencana penjualan Bandara Internasional Sokearno-Hatta (Soetta), yang sempat tercetus pada tahun 2002, di era Presiden Megawati Seokarno Putri Sekalipun memang hal itu urung terjadi.

“Setelah bicara dengan keluarga Hatta (Wapres pertama RI), saya umumkan dan jadi headline-headline koran: ‘Silakan jual bagian Soekarno saja, bagian Hatta jangan!'.

Akhirnya pemerintah membatalkan rencana penjualan bandara Siekarno-Hatta tersebut,” kenang , Minggu (12/11).

Apa yang diutarakan Rizal itu bukan tanpa alasan. Pria yang dikabarkan dekat dengan artis Cornelia Agatha tersebut, khawatir lantaran wacara melego menyeruak lagi di era pemerintahan sekarang.

Soetta, lanjutnya, akan dijadikan pilot project yang ideal untuk penerapan skema Limited Concession Scheme (LCS) pertama di Indonesia. Skema ini telah dibahas Kemenko Perekonomian dengan Kementerian Perhubungan.

Menurut Rizal, sangat disayangkan jika benar adanya mengingat Soetta adalah aset negara paling menguntungkan.

“Soekarno-Hatta adalah bandara paling menguntungkan, paling cash-rich kok malah mau dijual. Cara berpikir keblinger dan konyol,” kata mantan menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri era Presiden Abdurrahman Wahid tersebut.

Kabar tak sedap itu telah dikonfirmasikan ke Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan dibantah.

“Menteri Perhubungan Budi Karya WA (WhatsApp) saya bahwa tidak akan dijual. Ide-ide lain sedang dibahas,” beber Rizal.