Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorKebun Raya Bogor Diusulkan Jadi Warisan Dunia

Kebun Raya Bogor Diusulkan Jadi Warisan Dunia

BOGOR DAILY-Siapa yang tidak tahu dengan (KRB). Kebun botani dengan luas 87 hektar tersebut akan diusulkan menjadi world heritage site atau situs warisan dunia versi badan PBB, UNESCO.  Upaya itu kini sedang dibahas  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ().

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati , Prof  Enny Sudarmonowati mengatakan ide ini muncul sudah sejak lama. Namun baru dibahas lagi ketika melihat Kebun Botani Singapura yang ukurannya lebih kecil dari KRB bisa memperoleh world heritage site.

“Tahun lalu saya bilang hayuk kita jadikan KRB jadi world heritage site. Karena Singapura saja bisa,”  katanya.

Padahal, sebelum mengajukan menjadi situs warisan dunia, beberapa pengurus Kebun Botani Singapura datang ke Bogor untuk mempelajari KRB. “Tidak lama melakukan kunjungan ke KRB, akhirnya mereka menjadi world heritage site,” beber Enny.

Adapun potensi KRB sangat besar. Dilihat dari usia sudah berumur dua abad dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Belum lagi nilai hostoris-nya  yaitu menyelamatkan KRB dari ancaman.” Jadi, ada banya hal yang dapat ditawarkan dibandingkan Singapore Botanic Garden,”  imbuhnya.