Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorLihat! Sawo Jumbo Khas Megamendung. Nih Harganya...

Lihat! Sawo Jumbo Khas Megamendung. Nih Harganya…

BOGOR DAILY-Sawo, siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Bentuknya bulat kecil berwarna cokat keemasan dan memiliki rasa manis ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga bahkan di lidah kita.

Namun, pernahkah Anda melihat buah sawo raksasa? Di Jalan Alternatif Puncak, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat terdapat penjual sawo sebesar kelapa yang terbilang jarang dijual di pasaran.

Salah satu penjual sawo raksasa, Abdul Salam (50) mengatakan sawo raksasa bernama sawo Mamey yang dibudidayakan di kawasan Desa Sukakarya, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

“Ini namanya sawo Mamey, ditanamnya di sini, cuma enggak banyak sih nanemnya, di pasar-pasar ini juga jarang ada yang jual. Beratnya bisa sampai 1,5 kilogram per bijinya,” katanya, Minggu (19/11/2017).

Abdul menjelaskan bahwa sawo Mamey tersebut memiliki cita rasa yang sama manisnya dengan sawo pada umumnya. Namun, ukurannya yang terbilang besar membuat penikmat sawo menjadi lebih puas.

“Sawo yang biasa mah kecil, bijinya banyak. Kalau ini bijinya cuma satu per buahnya. Soal rasa, sama kok manisnya dengan buah sawo yang biasa, cuma ini lebih puas karena ukurannya besar,” jelasnya

Buah sawo Mamey ini pun dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni untuk ukuran paling besar dibanderol dengan harga Rp30 ribu, ukuran sedang Rp25 ribu dan yang paling kecil Rp20 ribu per bijinya.

Bagaimana, anda tertarik mencoba? bila anda tengah berkunjung ke kawasan Puncak yang melintas di jalan alternatif via Jalan Raya Cikopo Selatan mencoba buah ini dan menjadikannya buah tangan keluarga