Mas Kliwon Jadi Pengganti Mendiang Mbah Maridjan - bogordaily.net
NASIONAL

Mas Kliwon Jadi Pengganti Mendiang Mbah Maridjan

BOGOR DAILY- Tepat tujuh tahun lalu, Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi “menyelesaikan tugasnya”. Ketika erupsi terjadi di Gunung Merapi dampaknya sampai ke rumah Mbah Maridjan di Kinahrejo.

Badiman, Ketua Paguyuban Masyarakat Kinahrejo menyebut, semasa hidupnya Mbah Maridjan dikenal warga di sekitar kampungnya sebagai sosok yang memiliki semangat dan tanggung jawab besar terhadap pekerjaannya.

Pada 2010 silam, rumah Badiman berada tidak jauh dari rumah milik Mbah Maridjan. Kendati Mbah Maridjan sudah tidak lagi, tapi Badiman merasa sosok sang juru kunci Gunung Merapi itu masih dirasakan dan perlu ditularkan kepada generasi muda.

Menurut dia, generasi muda saat ini perlu bisa mengambil pelajaran dari sifat sosok yang dikenal dengan juru kunci Gunung Merapi itu. “Bahwa orang hidup itu tidak hanya memburu dunia saja. Tapi juga harus seimbang dunia dan akhirat yang harus ditiru oleh generasi milenium sekarang,” tuturnya.

Dalam rangka mengenang letusan erupsi yang sempat menyebabkan korban jiwa dan ribuan orang mengungsi itu, kini masyarakat Kinahrejo menggelar acara renungan di Hunian Tetap (Huntap) Karangkendal, Cangkringan. Huntap Karangkendal merupakan tempat tinggal warga Kinahrejo ketika direlokasi.

Kini setelah Mbah Maridjan mangkat, peran dan tanggung jawabnya kini digantikan Mas Kliwon Suraksohargo, putra ke-3 Mbah Maridjan. Pria yang akrab disapa dengan Pak Asih itu kini menjadi juru kunci Merapi. Dia diberikan kepercayaan untuk memangku tanggung jawab dari Keraton Jogjakarta.

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu