Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalMas Kliwon Jadi Pengganti Mendiang Mbah Maridjan

Mas Kliwon Jadi Pengganti Mendiang Mbah Maridjan

BOGOR DAILY- Tepat tujuh tahun lalu, , juru kunci Gunung Merapi “menyelesaikan tugasnya”. Ketika erupsi terjadi di Gunung Merapi dampaknya sampai ke rumah di Kinahrejo.

Badiman, Ketua Paguyuban Masyarakat Kinahrejo menyebut, semasa hidupnya dikenal warga di sekitar kampungnya sebagai sosok yang memiliki semangat dan tanggung jawab besar terhadap pekerjaannya.

Pada 2010 silam, rumah Badiman berada tidak jauh dari rumah milik . Kendati sudah tidak lagi, tapi Badiman merasa sosok sang juru kunci Gunung Merapi itu masih dirasakan dan perlu ditularkan kepada generasi muda.

Menurut dia, generasi muda saat ini perlu bisa mengambil pelajaran dari sifat sosok yang dikenal dengan juru kunci Gunung Merapi itu. “Bahwa orang hidup itu tidak hanya memburu dunia saja. Tapi juga harus seimbang dunia dan akhirat yang harus ditiru oleh generasi milenium sekarang,” tuturnya.

Dalam rangka mengenang letusan erupsi yang sempat menyebabkan korban jiwa dan ribuan orang mengungsi itu, kini masyarakat Kinahrejo menggelar acara renungan di Hunian Tetap (Huntap) Karangkendal, Cangkringan. Huntap Karangkendal merupakan tempat tinggal warga Kinahrejo ketika direlokasi.

Kini setelah mangkat, peran dan tanggung jawabnya kini digantikan Suraksohargo, putra ke-3 . Pria yang akrab disapa dengan Pak Asih itu kini menjadi juru kunci Merapi. Dia diberikan kepercayaan untuk memangku tanggung jawab dari Keraton Jogjakarta.