Tuesday, 23 April 2024
HomeKabupaten BogorProyek Rp19 Miliar Dispora Molor, Ini Kata Bupati

Proyek Rp19 Miliar Dispora Molor, Ini Kata Bupati

BOGOR DAILY- Pembangunan gedung Dinas Pemuda dan Olahraga () Kabupaten Bogor di area Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, dikabarkan mangkrak. Hingga kemarin, pengerjaan gedung dengan anggaran Rp19 miliar itu masih 65 persen. Hal serupa terjadi pada pembangunan gedung laga tangkas dan laga satria. Bupati Bogor Nurhayanti pun langsung mendatangi lokasi, kemarin.

Dari papan pengumuman yang dipasang di area lokasi, sejak Juli 2017 pembangunan gedung kantor Kabu­paten Bogor dikerjakan PT Karya Sepakat Kita-CV Timbul Jaya dengan konsultan peren­cana PT Wastu Graha Ken­cana dan konsultan pengawas­nya PT Azevedopratama Con­sultans. Dengan dibiayai APBD Kabupaten Bogor sebesar Rp19.021.900.000, pembangunan kantor tersebut sebenarnya hanya memakan waktu 165 hari kerja. Namun hingga saat ini pembangunan di lokasi baru 65 persen.

Molornya pembangunan itu terlihat saat Nurhayanti sidak ke lokasi , kemarin. Tak hanya gedung , pembangunan gedung laga tangkas dan laga satria juga molor. Nurhayanti tampak menarik nafas panjang saat mengetahui progres pembangu­nan yang baru 50 persen.

Menurut dia, sidak tersebut untuk memastikan bahwa pembangunan gedung laga tangkas dan gedung laga satria bisa selesai tepat waktu. Apa­lagi, gedung pertandingan tersebut merupakan salah satu kesiapan Kabupaten Bo­gor untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Por­da) Jawa Barat 2018.

“Saya ingin pembangunan kedua gedung tersebut beres tepat waktu, termasuk pembangunan kantor Kabupaten Bogor. Sehingga dengan kantor yang represen­tatif pelayanan bisa meningkat,” ujarnya.

Sidak pun dilanjutkan ke pembangunan Masjid Baitul Faidzin dan rehab pembangu­nan kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor. Ia sangat mengapresiasi karena progres pembangunan gedung sudah mencapai 78 persen. Kepada pihak ketiga, ia me­minta segera menyelesaikan­nya karena masih ada keku­rangan yang harus dibenahi. “Dengan waktu kontrak seben­tar lagi, masih ada target pe­kerjaan yang sampai saat ini masih kurang. Saya minta menambah pekerja dan bahan bangunan sehingga bisa sele­sai tepat waktu,” tegasnya.

Sementara itu, Kuasa Peng­guna Anggaran yang juga Ke­pala Dinas Pemuda dan Olah­raga Yusuf Sadeli mengatakan, dari progres pembangunan tiga gedung ini serapan ang­garan dinasnya baru mencapai 40 persen. “Dengan progres pembangunan tiga gedung di atas 50, 60 dan 73 persen, se­rapan anggaran me­ningkat dari awalnya 9 persen menjadi 40 persen. Kami men­gharapkan dengan selesainya tiga besar di atas serapan anggaran bisa di atas 90 atau bahkan 100 persen,” katanya.

Terpisah, Manajer PT Karya Sepakat Kita Tati Har­tati menuturkan, lambannya pembangunan kantor Dis­pora yang menelan anggaran Rp73 miliar ini karena peng­erjaan pemadatan tanah sem­pat molor dari jadwal.

“Dari lama waktu pengerjaan pembangunan kantor Dis­pora yang memakan waktu lima bulan, hampir tiga bulan lamanya kami pakai untuk memadatkan tanah yang awal kondisi tanahnya curam se­kali. Ke depan kami akan kejar waktu pengerjaan interior dan mechanical electric,” katanya.

Seperti diketahui, tiga milik dispora itu bernilai hing­ga Rp90 miliar. Di antaranya laga tangkas sebagai tempat pertandingan voli, basket hing­ga futsal. Laga satria untuk pertan­dingan bela diri serta kantor untuk kegiatan perkantoran dispora. Rincian anggarannya laga tangkas Rp40 miliar, satria Rp30 miliar dan kantor Rp20 miliar.