Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaSah! Bobby Nasuttion Jadi Suami Putri Jokowi

Sah! Bobby Nasuttion Jadi Suami Putri Jokowi

BOGOR DAILY- Kahiyang Ayu putri Presiden Joko Widodo resmi menyandang status istri dari Muhammad Bobby Afif Nasution setelah ijab kabulnya dinyatakan sah, Rabu (8/11).

Kahiyang dan Bobby melangsungkan gelaran akad nikah pagi ini di Gedung Graha Saba Buana, Solo. Akad nikahnya sendiri menggunakan konsep Jawa klasik. Ijab kabul untuk mempersunting putri semata wayang Jokowi itu langsung disambut dengan kata ‘sah' dari para saksi dan keluarga serta kerabat yang hadir menyaksikan momen haru itu. Kata ‘sah' sekaligus menandakan sang pengantin resmi menjadi pasangan suami istri.

Saksinya tidak main-main. Ada Wakil Presiden Jusuf Kalla dari pihak keluarga mempelai wanita dan Menteri Perekonomian Darmin Nasution dari mempelai pria. Bobby menikahi Kahiyang dengan mas kawin seperangkat alat salat dengan emas senilai 80 gram.

“Saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya Kahiyang Ayu dengan engkau Muhammad Bobby Afif Nasution bin Insinyur Haji Erwin Nasution almarhum dengan mas kawin seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai,” kata Jokowi.

Bobby pun menerima ijab kabul dengan lancar dan satu tarikan napas. Kahiyang dan Bobby dibawa ke akad nikah dengan kereta kencana. Kereta ‘diluncurkan' dari dua arah. Bobby dan keluarga datang dari tempatnya menginap dan Kahiyang dari kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber. Mereka kemudian bertemu di Graha Saba Buana.

Kahiyang duduk di samping Bobby, yang berhadapan langsung dengan Jokowi. Di samping Jokowi, ada Basir selaku penghulu. Dua saksi duduk di salah satu sisi meja.

Prosesi akad nikah dimulai dengan serah terima antara perwakilan pengantin pria dan wanita. Mereka kemudian duduk bersama dan ayat suci Al-quran dibacakan.

Setelah pembacaan ayat suci, mahar pun diserahkan. Khotbah nikah dibacakan, dilanjutkan acara ijab kabul dan Kahiyang-Bobby resmi menjadi suami istri.

Perjalanan kisah cinta Kahiyang-Bobby berawal dari pertemuan mereka saat menempuh pendidikan master di kampus Institut Pertanian Bogor. Bobby menempuh pendidikan Magister Manajemen Bisnis di Institut Pertanian Bogor, di mana ia bertemu dengan Kahiyang.

Pada 2014 silam, ia meraih gelar sarjana di almamater yang sama dengan mengambil program Mayor Agribisnis di Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen.

Bobby melamar Kahiyang pada Juni lalu. Kahiyang memamerkan cincinnya ke Instagram. Tak lama, mereka melakukan sesi foto pranikah dan akhirnya sah sebagai suami istri hari ini.

Jelang menikah, Kahiyang-Bobby sempat menjalani rangkaian acara prosesi yang mengacu pada adat dan pakem Jawa seperti pengajian, pemasangan bleketepe, siraman, jual dawet, hingga acara midodareni. Rangkaian itu dilaksanakan sejak Senin (6/11) hingga Selasa (7/11).

Keduanya akan membagi kebahagiaan mereka lewat resepsi yang bakal digelar usai akad nikah hingga malam hari ini di Graha Saba Buana. Acara ini diperkirakan akan dihadiri sekitar 8000 tamu yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, mulai warga, relawan, pejabat negara dan keluarga dekat.

Acara tertutup hanya untuk para penerima undangan saja. Namun, relawan serta warga dari berbagai daerah rela berdatangan ke lokasi meski tak bisa masuk. Ada yang rela naik sepeda, ada pula yang berjuang mendapat tiket pesawat dan kamar hotel meski harganya lebih mahal.