Friday, 29 March 2024
HomeNasionalTampar Kepala Desa, Dandim Rembang Akhirnya Dicopot

Tampar Kepala Desa, Dandim Rembang Akhirnya Dicopot

BOGOR DAILY-Komandan Distrik Militer 0720 Rembang Letkol Inf Darmawan Setiady menampar Kepala Desa Jambangan, Kecamatan Sarang, M Hilaludin saat rapat koordinasi pengawasan dana desa di Pendopo Museum RA Kartini, Rembang, Jumat (10/11/2017).

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri Bupati Rembang Abdul Hafidz beserta jajarannya, Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana dan semua kepala desa di Rembang.

Saat itu, Letkol Inf Darmawan Setiady yang berkesempatan menyampaikan materi mendadak dengan nada tinggi memanggil M Hilaludin naik ke atas podium.

Kemudian saat Hilaludin mendekat, Darmawan langsung menampar pipi kiri kades tersebut. Saat itu, Darmawan merasa disepelekan karena Hilaludin menyandarkan kepalanya di kursi. Para kades yang hadir dalam forum tersebut ramai-ramai melayangkan protes atas insiden tersebut.

Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman dalam keterangan tertulisnya membenarkan telah terjadi insiden penamparan tersebut.

Namun kasus ini kemudian diselesaikan secara kekeluargaan dengan mediasi Bupati Rembang Abdul Hafidz. “Betul telah terjadi peristiwa itu. Atas peristiwa itu kami menyesalkan atas apa yang telah terjadi dan sudah diselesaikan secara kekeluargaan serta disepakati untuk tidak menuntut secara hukum disertai permohonan maaf kepada yang bersangkutan, dimediasi oleh Bupati Rembang dan Forkopimda Kabupaten Rembang,” kata Tatang, seperti dikutip dari Penerangan Kodam IV Diponegoro, Minggu malam.

Tatang mengatakan, instansinya sudah berkoordinasi dengan Markas Besar TNI Angkatan Darat.  Darmawan akan tetap diproses secara internal. “Penggantinya sudah disiapkan,” kata Tatang.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 073/Makutarama Mayor CAJ (K) July Silooy mengatakan, terhitung mulai Minggu (12/11/2017) ini, Letkol Inf Darmawan Setiady tidak lagi melakukan wewenang tugas dan tanggung jawabnya sebagai Dandim 0720/Rembang.

“Beliau Dandim 0720/Rembang mulai hari ini telah di-nonjob-kan. Sebagai penggantinya sementara adalah Letkol Inf Teddy Himawan, Kasiter Korem 073/Makutarama,” kata July, saat dikonfirmasi terpisah.

Selanjutnya untuk dugaan kasus pemukulan yang dilakukan Darmawan, ia memastikan kasus ini akan ditangani sesuai aturan yang berlaku di militer. Ia mengimbau kepada seluruh jajarannya agar kasus ini menjadi pembelajaran agar tidak terulang di kemudian hari.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan, setelah insiden penamparan, Darmawan sudah beritikad baik dengan meminta maaf kepada kepala desa yang bersangkutan.

Selain berinisiatif mendatangi rumah kepala desa, mediasi di antara keduanya sudah dilaksanakan di rumah dinas Bupati Rembang dengan dihadiri Bupati Rembang beserta Kapolres Rembang dan Paguyuban Kades Rembang.

“Sudah dimediasikan dan diselesaikan dengan baik secara kekeluargaan,” kata Abdul Hafidz, Minggu (12/11/2017).