Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorTanggul Penahan Tanah di Bantarjati Bogor Jebol Lagi

Tanggul Penahan Tanah di Bantarjati Bogor Jebol Lagi

BOGOR DAILY-Hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah di Kota Bogor kamis (16/11/17), mengakibatkan longsor di lokasi proyek pembangunan penahanan tanah (TPT) di pinggiran kali Cibagolo yang merupakan anak sungai Ciliwung di Kampung Kalibata, Kelurahan Bantarjati Kecamatan Bogor Utara.

“Kejadian tersebut dikarenakan TPT yang sedang dalam proses pengerjaan tidak kuat menahan debit air hujan, sehingga sebagian materialnya runtuh ke kali Cibagolo,” jelas Kapolsek Bogor Utara, Kompol Ahmad Sofwan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, Hanya saja mengakibatkan kerugian materi yang masih bisa ditanggung oleh CV Langgeng Mulyo selaku pelaksana proyek. Ahmad menuturkan, upaya yang  dilakukan adalah pengangkatan material yang menutup aliran sungai.

“Pengangkatan material harus dipercepat dilakukan karena akan menganggu aliran air,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Gandjar Gunawan menuturkan, untuk penanggulangan permanen harus diperbaiki dan dibangun kembali. Pihaknya  masih akan berkordinasikan terlebih dahulu dengan penanggung jawab proyek  agar segera diperbaiki.

“Kalau untuk pembersihan puing akan dilakukan besok (hari ini,red). Yang penting dari apakah ini (longsor) akan membahayakan warga atau tidak,”  ucapnya.