Saturday, 20 April 2024
HomeKota Bogor3.985 Personel di Bogor Siaga di Malam Tahun Baru

3.985 Personel di Bogor Siaga di Malam Tahun Baru

BOGOR DAILY-Perayaan 2018 di wilayah Bogor bakal dijaga ketat. Sedikitnya ada 3.985 personel yang dikerahkan untuk peng­amanan . Di anta­ranya terdiri dari unsur TNI, polisi, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palang Merah Indonesia (PMI) dan organisasi kema­syarakatan.

Kepala Bagian Operasi Polresta Bogor Kota Komisaris Polisi Fajar Kuncoro mengatakan, pengemanan tersebut nantinya bakal diberlakukan di bebe­rapa titik berbeda.

Di Kota Bogor, ada delapan pos pengamanan yang ditem­patkan. Di antaranya tersebar di Jalan Kapten Muslihat sam­pai Paledang, Suryakencana, Jalan Juanda, BTM, Sholeh Iskandar sampai Yasmin, Jalan KS Tubun Pomad dan di Jalan Siliwangi.

”Untuk anggota Polresta Bo­gor Kota yang dikerahkan adalah 750 personel. Sisanya personel gabungan dari ber­bagai unsur,” jelas Kuncoro kepada awak media.

Sementara di Kabupaten Bogor sebanyak 2.500 personel gabungan dari Polri, TNI, Di­nas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD PMI dan organisasi kemasyaraka­tan disiapkan untuk melakukan penjagaan keamanan sepan­jang libur panjang Tahun Baru.

Sebanyak 16 pos pengamanan dibangun untuk melakukan penjagaan. Di antaranya Pospam Megamendung, Taman Wisata Matahari, Cisarua, Taman Safari, At-Taawun, Ciawi, Lido, Sukaraja, Babakan­madang, Cibinong, Citeureup, Gunungputri, Cileungsi, Parung, Ciampea dan Dramaga. Untuk di lokasi rawan bencana juga disiapkan tim dari BPBD dan SAR.

”Kita siapkan juga pos di koramil dan puskesmas yang standby 24 jam jika masyarakat membutuhkan bantuan yang mendesak dan mengganggu ketertiban,” bebernya.

Selain itu, tenaga medis juga dikerahkan untuk memastikan pelayanan kesehatan 24 jam nonstop selama libur Tahun Baru. Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2PKL) Dinas Kesehatan Ka­bupaten Bogor dr Kusnadi men­gatakan, pihaknya tengah me­nyiagakan seratus tenaga medis dokter, 200 perawat dan 40 driver ambulans dan 20 ambu­lans yang disiagakan, yang nanti­nya akan bertugas di beberapa titik pospam. “Pengamanan akan kami lakukan mulai dari jalur Puncak, Jonggol, Parung, Ja­karta dan Sukabumi. Serta pospam di tiap kecamatan dan puskesmas yang diintegrasi dengan Polres Bogor. Mereka akan bersiaga 24 jam dengan sistem shift atau piket,” kata Kusnadi.

Pihaknya berharap semoga perayaan tahun ini dapat ber­jalan aman dan tenteram dari berbagai hal negatif. Pi­haknya juga siap membantu pihak kepolisian dalam mengimbau masyarakat untuk selalu mengutamakan kese­lamatan dalam berkendara. Menggunakan kelengkapan berkendara sesuai standar yang dianjurkan merupakan suatu keharusan yang mesti dilaks­anakan masyarakat guna men­ekan angka kecelakanaan. “Se­moga tahun ini masyarakat dapat merayakan liburannya dengan tenang, aman, nyaman, tanpa ada hal negatif apa pun,” pungkasnya