Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorBendungan Ciawi-Sukamahi Bisa Kurangi Banjir Jakarta 30 Persen

Bendungan Ciawi-Sukamahi Bisa Kurangi Banjir Jakarta 30 Persen

BOGOR DAILY- Presiden Joko Widodo Jumat pekan kemarin meninjau proyek -Skamahi dai Bogor, Jawa Barat. minta proyek ini bisa selesai 2019.

mengatakan, pembangunan bendungan di wilayah hulu Sungai Cisukabirus ini merupakan bagian dari upaya pengendalian banjir di Jakarta.

“Ini kita ingin juga menyelesaikan masalah banjir yang ada di Jakarta. Kita bekerja di hulunya. Jadi yang mau kita kerjakan sekarang ini adalah Sukamahi dan waduk Ciawi. Sudah dimulai, pembebasan lahan sudah 22 persen,” ujarnya.

Pembangunan kedua bendungan tersebut ditargetkan untuk dapat selesai pada pertengahan 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, beroperasinya bendungan itu tersebut akan mampu mengurangi potensi banjir di Jakarta sebesar 30 persen.

“Dengan adanya dua waduk ini akan ada pengurangan jumlah air yang masuk ke Jakarta 30 persen. Artinya mengurangi banjir di Jakarta 30 persen,” tuturnya.

Adapun di wilayah hilir, di Jakarta sendiri, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat rutin mengerjakan normalisasi Sungai Ciliwung. Normalisasi sungai mendesak dilakukan karena diketahui lebar sungai yang semakin menyempit.

“Hulu dan hilir semua harus dikerjakan. Hulunya sudah untuk waduk Sukamahi dan Ciawi. Di hilirnya, di Jakarta, Kementerian PU terus mengerjakan pelebaran Sungai Ciliwung,” ucapnya.