Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorBus Premium Mulai Beroperasi di Cibinong, Nih Rutenya

Bus Premium Mulai Beroperasi di Cibinong, Nih Rutenya

BOGOR DAILY-Setelah melakukan uji coba rute Transjabodetabek (Transjabs) premium Botani Square Bogor-Plaza Se­nayan, Badan Pengelola Transportasi Ja­bodetabek (BPTJ) akan menggelar uji kembali untuk rute City Mall (CCM)-Grand Paragon dan CCM-Plaza Senayan mulai hari ini. Uji coba ini akan menggunakan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU).

Harga tiket dua jurusan ter­sebut dibanderol Rp30 ribu. Waktu uji coba rute CCM-Grand Paragon dan sebaliknya, akan dimulai pagi hari pukul 05:30, 06:00 dan 06:30 WIB. Untuk sore harinya pukul 15:30, 16:00 dan 16:30 WIB.

Sementara rute CCM-Plaza Senayan diuji coba pukul 05:45, 06:15 dan 06:45 WIB untuk pagi hari. Sore harinya pukul 16:30, 17:00 dan 17:30 WIB.

Bus tersebut dilengkapi sejum­lah fasilitas seperti AC, kursi sandaran dan WiFi. Selain itu, ada fasilitas ark and ride di CCM bagi pengguna dengan tarif Rp10 ribu per hari untuk mobil dan Rp6.000 per hari untuk motor jika menyerahkan tiket Trans­jabodetabek premium.

Sebelumnya, Kepala BPTJ Bambang Prihartono mene­rangkan bahwa Bogor-Jakarta ini merupakan lanjutan dari kebijakan Kemen­terian Perhubungan untuk memindahkan penumpang dari mobil pribadi ke angkutan umum. Bus serupa juga diuji coba untuk jalur Botani Square Bogor-Plaza Senayan.

“Kepadatan ruas di Jalan Tol Jagorawi sudah semakin padat sehingga perlu ada kebijakan pemerintah untuk meminda­hkan shifting, dari mobil pri­badi ke angkutan umum. Ka­rena itu, kebijakan Kemenhub melalui BPTJ menyediakan lagi khusus untuk bus di jalan tol,” kata Bambang.

Menurutnya, pihaknya telah mengidentifikasi ada sebanyak 3.000 kendaraan pribadi yang melintas dari Bogor ke Jakarta perhari di jam sibuk. Dengan adanya , masyara­kat diharapkan dapat beralih menggunakan angkutan umum untuk mengurai kepadatan di jalan