Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaPernikahan Sesama Jenis Disetujui Parlemen Australia

Pernikahan Sesama Jenis Disetujui Parlemen Australia

BOGOR DAILY- Australia selangkah lagi melegalkan setelah RUU Pernikahan disahkan DPR (Parlemen). Australia akan menjadi negara ke-27 yang melegalkan .

Dilansir dari BBC, Jumat (8/12/2017), mayoritas di setuju untuk mengubah UU Pernikahan dan memasukan mengenai di dalamnya. Delapan hari sebelumnya senat Australia juga telah meloloskan RUU ini.

Hasil voting menimbulkan reaksi langsung di dalam Parlemen. Orang-orang bertepuk tangan hingga menyanyikan sebuah lagu. Hasil voting yang ‘memenangkan' RUU Pernikahan tersebut menjadi akhir dari perdebatan terkait selama satu dekade terakhir di Australia.

“Hari untuk cinta, kesetaraan, dan penghormatan,” kata Perdana Menteri Malcolm Turnbull.

“Australia telah melakukannya,” simpulnya.

Anggota parlemen meluapkan emosi kegembiraan mereka dengan saling berpelukan dan bernyanyi. “Saya, Anda, kita, adalah orang Australia,” dendang mereka.

Diperkirakan beberapa hari ke depan Gubernur Jenderal Australia akan mengesahkan RUU menjadi Undang-undang.

Sebelum hasil voting keluar, banyak pendukung berkumpul di luar gedung parlemen. Mereka di antaranya mantan perenang Olimpiade Ian Thorpe dan komedian lokal Magda Szubanski.

Namun, ada yang setuju tentu ada pula yang tak setuju. Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce sebagai salah satu politikus yang menolak menyebut pernikahan pria dan wanita merupakan hubungan yang spesial dan bisa melahirkan seorang anak ke dunia.

Sebelumnya, Senat Australia juga telah meloloskan RUU ini. RUU tersebut disahkan tanpa amandemen, dengan 43 senator memilih ‘ya' dan 12 lainnya memilih ‘tidak'.

Mengacu pada data AFP, Jumat (8/12), saat Gubernur Jenderal Australia mengesahkan RUU menjadi UU. Maka Australia akan menjadi negara ke-27 yang melegalkan .

Berikut 26 negara yang telah lebih dulu melegalkan :

1. Argentina
2. Belgia
3. Brasil
4. Inggris (kecuali Irlandia Utara)
5. Kolombia
6. Denmark
7. Finlandia
8. Prancis
9. Islandia
10. Uruguay
11. Kanada
12. Irlandia
13. Israel
14. Luxembourg
15. Meksiko
16. Belanda
17. Selandia Baru
18. Norwegia
19. Portugal
20. Spanyol
21. Afrika Selatan
22. Swedia
23. Taiwan
24. Amerika Serikat
25. Jerman
26. Malta