Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaGara-gara Ini Trump Ngamuk ke Rusia

Gara-gara Ini Trump Ngamuk ke Rusia

BOGOR DAILY-Presiden Amerika Serikat (AS) Donald sangat kesal karena malah membantu Korea Utara (Korut) untuk menghindari sanksi internasional. Ini menandakan marah dan frustrasi terhadap Rusia yang ia harapkan dapat menjalin persahabatan usai kemenangan pemilihannya. Namun Rusia malah membuatnya kecewa.

“Rusia sama sekali tidak membantu mengenai Korut,” kata , Rabu, (17/1).

Tiongkok, ujar , membantu mengatasi Korut. “Sedangkan Rusia malah berbelok arah. Dengan kata lain, Rusia sedang mencari tahu apa yang sedang dilakukan Tiongkok.

Vladimir Putin, ujar , sebenarnya bisa berbuat banyak berkaitan dengan pemecahan masalah Korut. “Tapi sayangnya kita tidak memiliki banyak hubungan dengan Rusia.”

Tiongkok dan Rusia keduanya menandatangani putaran terakhir sanksi Dewan Keamanan PBB melawan Korut yang dipaksakan tahun lalu. Tidak ada komentar langsung dari Kedutaan Besar Rusia di Washington atas ucapan .

mengatakan, ia mempertimbangkan denda yang besar sebagai bagian dari penyelidikan dugaan pencurian kekayaan intelektual Tiongkok. Ia juga telah kehilangan semua kepercayaan pada juru runding utama Partai Demokrat mengenai imigrasi di senat.

Ia juga menolak untuk menghapus laporan yang kontroversial karena menggunakan frase negara-negara ‘brengsek' dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih. Ini menyebabkan masifnya protes internasional.

Dengan Korut bertahan sebagai tantangan global utama yang dihadapi tahun ini, ia ragu-ragu apakah pembicaraan dengan Kim Jong Un akan berguna.

“Saya akan duduk dan berbicara dengannya. Tapi saya tidak yakin kalau duduk akan memecahkan masalah,” kata .

Negosiasi masa lalu dengan Korut oleh pendahulunya juga gagal untuk mengendalikan program nuklir dan rudal Korut.